Tingkatkan Efisiensi Efektivitas Operasional Rantai Bisnis Subholding Gas Lewat Digitalisasi Terintegrasi SIPGAS PGN Group

Direktur
Komersial PGN Faris Aziz memaparkan pentingnya share service untuk monitoring
pengelolaan gas bumi di sepanjang rantai nilai gas bumi di seluruh anak usaha
Subholding Gas. Dengan kemampuan memonitoring pengelolaan gas bumi, maka akan
mempercepat pengambilan keputusan dan pengembangan di seluruh mata rantai
bisnis gas bumi. Monitoring dilakukan dalam dua sistem yaitu sistem informasi
terintegrasi dan dashboard gas nasional.
“Setelah
melalui proses analisa, skema share service sebagai bentuk sistem informasi
penyaluran gas PGN yang terintegrasi bernama SIPGAS dan dikendalikan di level
Gas Management atau Pipeline Management. Share Service SIPGAS bertujuan untuk
mengoptimalkan asset yang dimiliki, efisiensi biaya operasi dan maintenance
yang ada di Anak Perusahaan PGN,” jelas Faris dalam keterangan tertulis, Rabu (20/1/2021).
Pada sistem
skema informasi terintegrasi, PGN dan Anak Perusahaan telah melakukan
inventarisasi terlebih dahulu dengan mempertimbangkan berbagai aspek mulai dari
kehandalan, validitas, kesesuaian dengan SOP, efektivitas biaya dan waktu,
akurasi, konsistensi, koneksi, hingga personil yang akan menggunakan tools
shared service. Dari aspek-aspek yang dipertimbangkan, menghasilkan
sistem-sistem operasional seperti Field Instruments, Operation Controller,
Telecommunication, SCADA, dan Database Collecting.
“Lingkup
Share Service Integrasi Data SIPGAS ada tiga, yaitu Pre Gas Delivery, Gas
Delivery, dan Post Gas Delivery,” kata Faris.
Pre Gas
Delivery mencakup informasi data terkait kegiatan dan konfirmasi yang dilakukan
melalui tools SIPGas, contohnya perencanaan penyaluran gas. Gas Delivery
mencakup Informasi Data realtime dari titik serah dan terima kemudian
dikirimkan ke dalam SIPGas secara otomatis, contohnya operasi penyaluran gas
dan pengelolaan gangguan. Terakhir, Post Gas Delivery mencakup informasi
pelaporan dan validasi data yang dilakukan oleh Pertagas melalui perangkat yang
tersedia dalam SIPGas.
Dashboard
Nasional PGN dan Anak Usaha merangkup seluruh operasi bisnis Subholding Gas
dari Upstream hingga Downstream. Anak Usaha yang terintegrasi dengan SIPGas
yakni PGN LNG, PT Nusantara Regas, PT Transportasi Gas Indonesia (TGI), PT
Pertamina Gas, PT Pertamina Gas Niaga, dan PT Kalimantan Jawa Gas (KJG).
Kemudian pendistribusian gas sampai ke pelanggan dikelola dan Gas Distribution
Mangement Regional (GDMR) I, I, III PGN dan PT Gagas Energi Indonesia selaku
Anak Usaha yang menyediakan produk gas bumi tanpa infrastruktur pipa yaitu
Gaslink.
Setelah
tahapan pada Sistem Informasi yang terintegrasi selesai, akan dilanjutkan ke
proses tersedianya Dashboard Nasional. Proses ini memiliki banyak benefit yaitu
penyampaian data yang lebih cepat dan akurat, memudahkan analisis dan
pengambilan keputusan oleh manajemen baik terkait operasional dan pengembangan
untuk mencapai visi misi perusahaan, indentifikasi kendala operasional di Anak
Perusahaan sebagai fungsi pembinaan Subholding Gas, serta analisis strategis pengelolaan
gas nasional melalui Anak Usaha.
“Dengan adanya dashboard nasional, menunjukkan kepada stakeholder bahwa PGN memiliki pusat data atau big data terkait seluruh proses dan kegiatan mata rantai bisnis gas bumi nasional dan hal ini penting dalam menghadapi era disrupsi saat ini. Dashboard ini mampu memberikan informasi-informasi dan solusi yang transparan antara Holding dengan Anak Usaha. Hal ini memudahkan untuk dikomunikasikan secara efektif dan realtime karena melalui satu server yang terintegrasi,” tutup Faris.
Secara berkelanjutan, PGN terus mengembangkan inovasi berbasis teknologi digital dalam menjalankan bisnis gas bumi. Aspek penguasaan teknologi menjadi salah satu pondasi utama untuk keberhasilan pemanfaatan gas bumi. Kini PGN telah mengelola 96% infrastruktur gas bumi dan melayani lebih dari 422.000 pelanggan di sektor industri komersial, rumah tangga, UMKM, pembangkit listrik, dan transportasi (SPBG). Target realisasi peningkatan jumlah pelanggan dan berkembangnya infrastruktur gas bumi di masa depan, akan optimal dengan dukungan penguasaan teknologi yang handal di lingkup Subholding Gas. (*)
(Jakarta)
Belum ada Komentar untuk "Tingkatkan Efisiensi Efektivitas Operasional Rantai Bisnis Subholding Gas Lewat Digitalisasi Terintegrasi SIPGAS PGN Group"
Posting Komentar