Tetapkan Tarif Layanan 0.5%, Cara Bukalapak Dukung Ketahanan Bisnis UMKM Indonesia

Rangkaian
keuntungan yang bisa dinikmati oleh para pelapak yang berlangganan layanan
Super Seller di Bukalapak di antaranya kesempatan untuk menaikkan transaksi
hingga 15x lipat dan lebih dipercaya dengan memasang badge Super Seller, gratis
ongkir sepuasnya, cashback voucher eksklusif, bonus 5% budget promosi, hingga
bisa ikutan campaign & flash deal tanpa biaya tambahan.
Super Seller
sendiri adalah fitur layanan dari Bukalapak yang dirancang untuk membantu
pelapak mendapatkan keuntungan lebih dari berjualan di platform Bukalapak
dengan hanya menyisihkan sebagian kecil dari hasil penjualan mereka. Saat ini,
ada lebih dari ratusan ribu pelaku UMKM yang terdaftar sebagai Super Seller di
Bukalapak. Layanan Super Seller, berpotensi membantu pelapak menaikkan
transaksi hingga 15x lipat.
Selain itu,
di awal bulan ini, Bukalapak juga meluncurkan Kontes Pelapak Indonesia, sebuah
program spesial yang terbuka bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia demi
membantu meraih keuntungan lebih dari berjualan di Bukalapak, melalui berbagai hadiah menarik, yang akan
ditentukan berdasarkan pencapaian penjualan seperti bebas biaya layanan Super
Seller selama 3 bulan, uang tunai senilai Rp 150 juta untuk 126 pelapak Super
Seller maupun yang baru mulai berjualan, serta Grand Prize senilai Rp 500 juta
untuk pemenang utama.
Kontes
Pelapak Indonesia akan berlangsung 1-28 Februari 2021 dengan rangkaian acara
yang diawali oleh sesi edukasi dan pelatihan pengembangan bisnis untuk pelapak
melalui online workshop sebelum mulai mengikuti kompetisi. Para pemenang
kompetisi akan diumumkan pada tanggal 6 Maret 2021.
VP
Marketplace Bukalapak, Kurnia Rosyada menjelaskan bahwa penetrasi pengguna
internet selama pandemi semakin mendorong Bukalapak untuk terus mengembangkan
platformnya untuk para pelaku UMKM.
“Era pandemi
membawa peningkatan jumlah UMKM yang go digital, namun juga menimbulkan sebuah
tantangan baru, terutama di area ketahanan bisnis. Hal ini yang ingin kami
bantu, dengan menyediakan beragam keuntungan menjadi Super Seller (dengan biaya
layanan hanya 0.5%), serta fitur-fitur baru seperti fitur Discount Package,
tampilan lapak yang baru, hingga Dashboard Analytics untuk memonitor pendapatan
dengan lebih mudah dan menampilkan inspirasi pasar, ditambah digelarnya Kontes
Pelapak Indonesia, Bukalapak bisa membantu para pelaku usaha kecil dan menengah
untuk meningkatkan kualitas hidup serta berkontribusi mendorong laju ekonomi
digital di Indonesia,” ujar Kurnia.
Sementara itu, AVP Marketplace Strategy & Merchant Policy Bukalapak, Baskara Aditama mengatakan bahwa di samping memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, menjalankan transaksi sesuai prosedur yang sesuai, serta memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh Bukalapak untuk makin memaksimalkan penjualan, para pelapak juga harus jeli memantau tren pasar.
“Memasuki
awal 2021, barang-barang yang berhubungan dengan pandemi masih menjadi
pencarian yang populer di Bukalapak, diikuti dengan hobi yang menunjang
kegiatan di rumah aja, seperti tanaman hias dan console gaming. Materi seperti
inilah yang juga akan dibagikan ke para pelapak Super Seller dalam online
workshop sehingga mereka semakin siap mengikuti Kontes Pelapak Indonesia serta
memanfaatkan layanan Super Seller dengan makin optimal,” ujar Baskara.
Bersamaan
dengan diluncurkannya satu tarif layanan Super Seller 0.5% serta Kontes Pelapak
Indonesia, Bukalapak juga mengajak seluruh pelaku UMKM di tanah air untuk
menggunakan kesempatan ini dengan cara mulai berjualan di Bukalapak maupun
melakukan upgrade menjadi pelapak Super Seller bagi pelaku UMKM yang sudah
bergabung di Bukalapak.
“Sesuai
komitmen Bukalapak untuk terus mendukung ketahanan serta kapabilitas bisnis
pelaku UMKM, kami memiliki sebuah wadah yang bernama Komunitas Bukalapak. Saat
ini, tercatat lebih dari 33.000 pelapak dari seluruh Indonesia bergabung di
sini dan mereka berkesempatan untuk saling mengenal, berbagai ilmu dan
pengalaman, serta mengikuti beragam program peningkatan kapabilitas bisnis yang
tentunya sangat berguna sebagai bekal untuk memaksimalkan penjualan di
Bukalapak dan berpartisipasi dalam Kontes Pelapak Indonesia,” ujar Ian Agisti,
Merchant Community Lead Bukalapak.
Restya
Naufal, salah satu pelaku usaha kecil dan menengah yang memanfaatkan platform
Bukalapak untuk berjualan mengungkapkan pendapatnya mengenai
inisiatif-inisiatif ini.
“Tidak bisa
dipungkiri bahwa pandemi membawa dampak yang begitu besar bagi seluruh pelaku
bisnis, tidak terkecuali kami para pemilik UMKM. Karenanya, kami harus
semaksimal mungkin memanfaatkan potensi dari platform digital untuk menjaga
kelangsungan bisnis kami. Dengan adanya satu tarif layanan Super Seller 0.5%
ini, ditambah Kontes Pelapak Indonesia, kami merasa mendapatkan semangat dan
motivasi ekstra untuk berdagang online karena kesempatan untuk memaksimalkan
penjualan di Bukalapak semakin besar,” tutup Restya. (*)
(Jakarta)
Belum ada Komentar untuk "Tetapkan Tarif Layanan 0.5%, Cara Bukalapak Dukung Ketahanan Bisnis UMKM Indonesia"
Posting Komentar