Aplikasi Bermasalah, Ombudsman : PPDB Tahun ini Kacau
Kondisi ini menurut Kepala Ombudsman RI Perwakilan
Sumatera Utara, Abyadi Siregar memperlihatkan kemampuan Dinas Pendidikan
Provinsi Sumut yang sangat buruk dalam mengelola PPDB. Seperti diketahui hal
serupa juga terjadi pada tahun lalu.
"PPDB Online tahun ini kacau, aplikasi menjadi
penyebabnya," ucap Abyadi usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di
Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Selasa (8/6/2021).
Ombudsman Sumut menurut Abyadi juga menemukan beberapa
persoalan, yakni pendaftaran tak bisa dilakukan untuk jalur prestasi yang dibuka
sejak awal pendaftaran per 7 Juni 2021. Tak hanya itu, Pendaftaran sekolah
tujuan juga menjadi masalah. Mendaftar ke SMAN 3, tapi teregistrasi di SMAN 1 Pantai
Labu.
“Setelah masalah yang kedua bisa diselesaikan, muncul
lagi masalah baru. Diketahui setelah seluruh tahapan pendaftaran yang dilewati,
justru sekolah yang dipilih tidak terlihat. Jadi, kolom sekolah tujuan kosong,”
kata Abyadi.
Berikutnya lanjut Abyadi, suasana Kantor Disdik yang
terkesan sangat kalut membuat orangtua para siswa yang memadati ruang aula,
justru kebingungan. Sementara itu petugas Disdik dan tim teknisi yang berada di
dalam aula, juga terlihat tak mampu memberikan solusi.
"Sampai siang ini, belum ada solusi yang pasti.
Para orangtua dan siswa menyampaikan ke ombudsman, belum ada solusi. Karena
pendaftaran belum bisa dilakukan," ujarnya.
Melihat kondisi tersebut, Ombudsman Sumut menyarankan
agar memperpanjang proses pendaftaran dan pihak Dinas Pendidikan Provinsi Sumut
juga harus memperbaiki aplikasi layanan pendaftaran online untuk memudahkan
para pendaftar. (*)
(Medan)
Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Bermasalah, Ombudsman : PPDB Tahun ini Kacau"
Posting Komentar