Peringati Hari Jadi ke-431 Kota Medan, Tokopedia Bagikan Dua Kisah UMKM Pahlawan Ekonomi Medan
Direktur
Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, mengungkapkan,
pandemi mendorong masyarakat beradaptasi melalui teknologi. Untuk itu Tokopedia
#SelaluAdaSelaluBisa mendukung upaya pemberdayaan UMKM melalui pendampingan
intensif serta berkolaborasi dengan pemerintah daerah, guna mewujudkan
digitalisasi UMKM lokal.
“Contohnya, Tokopedia telah menjalin kolaborasi
strategis dengan Pemerintah Kota Medan sejak Agustus 2020 lalu,” ujar Astri
Wahyuni dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/7/2021).
Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution, mengatakan, pemerintah
Kota Medan selalu berkomitmen mendukung perkembangan UMKM lokal.
“Kehadiran Tokopedia yang memfasilitasi para pelaku
UMKM di Kota Medan untuk memasarkan hasil usahanya memberikan dampak positif
kepada masyarakat Medan sekaligus mendorong pemulihan ekonomi daerah,” kata Bobby.
Tokopedia pun
mencatat beberapa temuan menarik, khususnya terkait tren belanja masyarakat
Medan selama 2020.
Kategori Kesehatan, Elektronik, Fashion, Rumah Tangga
serta Makanan dan Minuman menjadi beberapa kategori yang paling populer di
Tokopedia.
Selain itu, adanya fitur PBB online di Tokopedia juga
mendorong peningkatan transaksi pembayaran PBB di Medan - yaitu lebih dari 5x
lipat selama Q1 2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu - sehingga mampu
menambah pendapatan daerah Kota Medan.
Minyak Karo Laucih, Kenalkan Racikan Leluhur lewat
Teknologi
Berawal dari upaya melestarikan warisan leluhur secara
turun temurun sejak 1999, Minyak Karo Laucih merupakan usaha empat generasi
yang dilanjutkan Nuansa Putra Kaban bersama Trudly Karo Karo dan telah memiliki
sertifikasi halal dari LPPOM MUI serta sertifikasi UMOT.
“Terbuat dari bahan alami khas Indonesia - seperti
rempah, akar dan tumbuhan seperti jahe merah, induk kunyit, temulawak, gagatem
arimo, jerango, daun cengkeh dan lain-lain - produk Minyak Karo Laucih
dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit termasuk keseleo, rematik, sakit
pinggang dan masih banyak lainnya,” ungkap Trudly.
Kehadiran
platform Tokopedia sangat membantu Nuansa dalam beradaptasi di tengah pandemi,
bahkan produk warisan leluhurnya bisa menjangkau Papua.
“Walau modal awal kami hanya Rp500 ribu, kini kami
bisa meraih omzet lebih dari Rp10 juta setiap bulannya lewat Tokopedia. Kami
juga dapat turut memberdayakan berbagai petani lokal tanah Karo,” tambah
Nuansa.
Orifresh.id, Bantu Petani Sayur dan Buah Lokal Penuhi
Kebutuhan Masyarakat secara Online
Perkembangan teknologi yang terus melesat mendorong masyarakat Medan untuk lebih banyak memenuhi kebutuhan harian, termasuk membeli sayur-mayur dan buah-buahan, tanpa harus keluar rumah. Inilah yang menjadi motivasi Doni Goldmer untuk mendirikan Orifresh.id pada 2017. Kondisi pandemi justru menjadi peluang bagi Doni untuk terus berinovasi.
“Salah satunya dengan berjualan di Tokopedia untuk
menjangkau pasar yang lebih luas. Sejak bergabung pada Januari 2021, penjualan
toko kami kini bisa meningkat lebih dari 60x lipat dan omzet per bulan kami
bisa mencapai Rp15 juta lewat Tokopedia,” ujarnya.
Melalui Orifresh, Doni juga turut membantu masyarakat
sekitar, khususnya petani lokal Medan yang terdampak pandemi.
“Saat ini, sudah ada puluhan petani lokal yang kami
gandeng dari daerah Berastagi dan Kabanjahe. Saya berharap bahwa ke depannya
akan lebih banyak lagi UMKM lokal yang melihat keadaan pandemi sebagai momentum
menciptakan peluang lewat teknologi,” tutupnya. (*)
(Medan)
Belum ada Komentar untuk "Peringati Hari Jadi ke-431 Kota Medan, Tokopedia Bagikan Dua Kisah UMKM Pahlawan Ekonomi Medan "
Posting Komentar