IOH Sukses Sediakan Jaringan Kualitas Terbaik di KTT G20

Lensamedan -  Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) berhasil menjaga kualitas jaringan dan layanan terbaiknya dalam puncak rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali baik di jaringan 5G maupun 4G. 

IOH mencatatkan lonjakan trafik 5G rata-rata sebesar 123%, sedangkan trafik 4G turut mengalami kenaikan rata-rata sebesar 22% dibandingkan hari biasa. 

Kenaikan trafik ini turut didukung oleh uji coba implementasi 5G di spektrum frekuensi 3.5 GHz dan 26 GHz yang dilakukan bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI yang mampu menghasilkan kecepatan koneksi data (throughput) sampai dengan 800 Mbps. 

IOH juga membangun Digital Command Center yang berlokasi di Kantor IOH, Bypass Ngurah Rai, Tuban, Bali, sebagai wujud komitmen IOH bersama Kementerian Kominfo RI untuk menyukseskan puncak rangkaian acara KTT G20. 

Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung, menjelaskan Command Center IOH didirikan khusus untuk menyukseskan puncak rangkaian acara Presidensi G20 Indonesia di Nusa Dua, Bali, pada 15-16 November 2022. 

“Di Command Digital Center IOH terdapat sistem monitor untuk memantau trafik data, throughput, jumlah pengguna, kondisi BTS, sampai kualitas layanan aplikasi favorit pelanggan baik di jaringan 5G dan 4G selama rangkaian puncak KTT G20. Saat ini sudah ada peningkatan trafik data yang signifikan seiring dengan telah berlangsungnya side event G20 sejak tanggal 11 November lalu. Kualitas jaringan kami pantau ketat selama 24 jam penuh untuk memastikan IOH bisa memberikan marvelous experience bagi pelanggannya,” ujar Desmond dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/11/2022).

Di Digital Command Center inilah, IOH memonitor dan memastikan terjaganya kualitas sinyal serta layanan telekomunikasinya bagi seluruh pelanggan IM3, Tri, dan Travel-On, kartu yang khusus dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan para delegasi negara G20 dan turis mancanegara. 

Ada pun parameter yang dipantau antara lain kinerja jaringan, trafik data, jumlah pengguna, ketersediaan jaringan, hingga pergerakan personil operasional di lapangan. 

Desmond menambahkan, Digital Command Center didukung oleh sistem dashboard monitoring yang dikembangkan secara khusus untuk mendeteksi potensi terjadinya kendala baik di elemen infrastruktur jaringan maupun di aplikasi favorit pelanggan. 

“Sistem tersebut mampu memprediksi potensi permasalahan jaringan yang akan terjadi dan secara otomatis mengirimkan alert kepada tim teknis terkait untuk melakukan langkah perbaikan proaktif agar pelanggan tetap merasakan pengalaman yang terbaik setiap saat,” katanya.

IOH menaikkan kapasitas jaringan hingga 76% di area KTT G20 dengan implementasi teknologi MOCN (Multi Operator Core Network) dan mencatatkan penambahan pengguna di area G20 sekitar 22% dibandingkan hari biasa.

Selain itu, IOH berhasil menjaga ketersediaan jaringan tetap 100% dengan latensi 40 ms untuk memberikan pengalaman terbaik saat pelanggan melakukan streaming video, berbagi pesan, foto, dan video melalui aplikasi messaging, serta melakukan posting di media sosial. 

“Digital Command Center IOH adalah salah satu wujud komitmen kami untuk mendukung Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G20, juga bentuk kolaborasi yang kuat dengan mitra strategis kami. Tentunya kami juga ingin memastikan agar pelanggan selalu bisa merasakan pengalaman digital kelas dunia dalam menggunakan layanan IOH, terutama di masa-masa terjadinya lonjakan trafik layanan komunikasi seperti saat pergelaran puncak rangkaian acara KTT G20 ini,” tutup Desmond. (*)


(Bali)

 

Belum ada Komentar untuk "IOH Sukses Sediakan Jaringan Kualitas Terbaik di KTT G20"

Posting Komentar

Bank Muamalat dan Insight Investments Management Luncurkan Reksa Dana Syariah Terproteksi

LensaMedan - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk kembali menawarkan r eksa d ana syar iah te rproteksi, berupa Reksa Dana Syariah Terproteksi Ins...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel