Selama Sepekan, Harga Cabai Berfluktuasi Sangat Tajam

Lensamedan - Harga cabai merah maupun cabai rawit di pekan ini mengalami fluktuasi harga yang sangat tinggi. 

Harga cabai merah di awal pekan dijual dikisaran harga Rp28.800 per Kg untuk wilayah Kota Medan, sempat naik hingga mencapai Rp45.100 per Kg, namun pada akhir pekan ini kembali turun dikisaran Rp40.600 per Kg nya. 

Sementara cabai rawit harganya cenderung naik secara konsisten dari Rp36.100 ke 37.100 per Kg di pekan ini, mengacu kepada PIHPS.

Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, curah hujan yang tinggi memang cenderung menggiring harga cabai ke tingkat harga yang lebih mahal, ditambah sisi distribusi juga terganggu akibat cuaca yang buruk. 

“Dan kondisi ini diperparah dengan hujan yang kerap membuat dagangan cabai pedagang mengalami pembusukan lebih cepat dari biasanya, sehingga bermuara kepada kenaikan harga cabai itu sendiri,” kata Gunawan di Medan, Jumat (9/12/2022).

Dari hasil pengamatan di pasar induk, fluktuasi harga di level pedagang besar atau distributor juga terjadi selama pekan ini. 

Harga kerap berubah drastis dalam satu hari perdagangan. Fluktusi yang cukup lebar ini akibat pasokan yang tidak konsisten dari sejumlah sentra produksi cabai, sehingga gejolak harga tidak terelakkan.

Dari hasil pengamatan selama beberapa hari, distributor kerap menentukan harga yang terlalu lebar antara harga di malam hari dengan harga menjelang pagi hari. 

“Sebagai contoh harga cabai merah di sesi perdagangan malam sempat ditransaksikan di kisaran Rp40 ribuan per Kg, namun bisa berubah menjadi Rp20 ribuan per Kg di sesi perdagangan menjelang pagi,” terangnya.

Untuk sejumlah komoditas pangan lainnya, di pekan ini yang terpantau mengalami kenaikan selain cabai adalah daging ayam yang naik Rp2000 per Kg menjadi Rp34 ribu di pekan ini. 

Demikian halnya juga dengan telur ayam yang mengalami kenaikan menjadi Rp28.550 per Kg dari posisi akhir pekan sebelumnya di harga Rp26.400 per Kg. 

Selebihnya untuk komoditas lain di Sumut belum mengalami perubahan harga. Seperti harga beras masih dikisaran Rp9.500 hingga Rp13 ribu per Kg, daging sapi dikisaran Rp124 hingga Rp134 ribu per Kg, minyak goreng curah  masih dikisaran Rp14.000 per Kg, bawang merah ada dikisaran Rp28 ribuan per Kg, bawang putih masih sama di harga Rp22 ribu per Kg, dan harga gula masih dalam rentang 14 hingga Rp15 ribu per Kg. (*)


(Medan)

 

Belum ada Komentar untuk "Selama Sepekan, Harga Cabai Berfluktuasi Sangat Tajam"

Posting Komentar

Clapham Conference 2024: Empowering Future Leaders in Business and Marketing

LensaMedan - Clapham Conference 2024 siap kembali dengan upaya menginspirasi dan memberdayakan generasi pemimpin masa depan Mengusung tema &...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel