Harga Kebutuhan Pangan Bertahan Mahal


 Lensamedan - Harga cabai merah yang di awal pekan kemarin ditransaksikan rata rata Rp35.600 per kilogram (Kg) berdasarkan data PIHPS Kota Medan, secara konsisten mengalami kenaikan di akhir pekan ini.Harga  cabai merah saat ini ditransaksikan dalam rentang Rp41.000 hingga Rp44.000 per Kg nya. 

“Memang ada harga cabai yang dijual dikisaran harga Rp33.000 per Kg. Namun, dengan kualitas cabai yang jauh lebih rendah,” ujar Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumatera Utara (Sumut), Gunawan di Medan, Sabtu (11/2/2023).

Sementara itu, harga cabai rawit juga masih bertahan dikisaran Rp38.000 hingga Rp40.000 per Kg untuk kualitas bagus. Dan ada varian harga yang sangat berbeda hingga menyentuh 29 ribuan per Kg cabai rawit untuk kualitas yang di bawahnya. 

Untuk harga bawang merah dan bawang putih juga dalam tren naik dalam dua bulan terakhir. Sejauh ini, bawang merah dijual dikisaran Rp33.000 per Kg di Kota Medan. Akan tetapi pada dasarnya variasi harga bawang merah ada cukup banyak. Dengan varian harga antara Rp24.000 hingga Rp40.000 per Kg nya. 

“Di pasar saat ini juga tersedia bawang peking yang dijual dikisaran Rp12 ribu per Kg, namun bawang tersebut memiliki segmentasi pasarnya sendiri. Dan belum sepenuhnya mampu menggantikan kebutuhan bawang merah lokal yang banyak dikonsumsi masyarakat Sumut,” katanya.

Di sisi lain kata Gunawan, bawang putih juga demikian, ada yang dijual dalam rentang Rp23.000 hingga Rp27.000 per Kg, namun secara keseluruhan untuk komoditas bawang dan cabai masih dalam tren naik. 

Untuk komoditas pangan lainnya khususnya sumber protein. Harga daging ayam, telur ayam dan beberapa kebutuhan lain hingga akhir pekan masih bertahan di harga yang sama (mahal).

Daging ayam cukup stabil dikisaran Rp30 ribuan per Kg, meskipun dengan variasi harga Rp28.000 hingga Rp31.000. 

Telur ayam dikisaran Rp26.000 per Kg, hingga daging sapi yang masih stabil dikisaran angka Rp120.000 hingga Rp130.000 per Kg. 

Minyak goreng dan gula pasir juga masih tidak mengalami perubahan, dan cenderung masih bertahan di kisaran Rp15.000 per Kg untuk minyak goreng curah. Serta Rp14.000 hingga Rp15.000 per Kg untuk harga gula pasir.

Dengan tren harga kebutuhan pangan yang bertahan mahal tersebut, Gunawan menilai komoditas pangan berpeluang untuk bertahan mahal dengan kecendrungan naik menjelang Ramadhan nanti. 

“Karena itu seluruh stakeholder terkait harus bisa mengantisipasi kemungkinan tersebut. Karena untuk tanaman hortikultura saya nilai dalam tren naik harganya, seiring dengan musim kemarau yang mulai datang,” pungkasnya. (*)


(Medan) 



Belum ada Komentar untuk "Harga Kebutuhan Pangan Bertahan Mahal"

Posting Komentar

Tri Beri Layanan Khusus bagi Pecinta E-Sport di PON XXI Aceh-Sumut

LensaMedan – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui brand Tri, melanjutkan komitmennya mendukung  E-sport tanah air dengan tu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel