Medan Masuk Daftar Kota Pintar Dunia


Lensamedan - Kota Medan masuk daftar kota pintar (smart city) di dunia. Dari 141 kota di dunia yang masuk dalam daftar itu, kota yang dipimpin Wali Kota Bobby Nasution ini berada pada urutan 112. 

Demikian rilis resmi IMD World Competitivenes Center melalui Smart City Index (SCI) Report 2023, kemarin. Masuknya Medan dalam daftar kota pintar dunia ini karena dinilai memliki akses ke sekolah yang bagus, ketersediaan lapangan kerja baru, hingga akses informasi ke pemerintah yang baik. 

Selain itu, Medan juga dinilai memenuhi sanitasi dasar daerah miskin, memiliki layanan daur luang yang memuaskan, memiliki fasilitas transportasi publik yang baik, dan pelayanan kesehatan yang memuaskan. 

Selain Medan, ada dua kota lagi di Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar kota pintar di dunia. Keduanya adalah Jakarta yang berada pada urutan ke-102 dan Makasar yang menempati posisi ke-114. 

Dalam rilis itu disebutkan,  IMD 2023 menilai persepsi penduduk pada isu-isu yang berkaitan dengan struktur dan teknologi aplikasi yang tersedia untuk mereka. Terdapat dua pilar yang menjadi persepsi warga yang diminta, yakni struktur yang mengacu pada infrastruktur kota dan teknologi terkait penyediaan dan layanan teknologi masyarakat. 

Laporan Smart City Index Report 2023 itu kembali menempatkan Kota Zurich, Swiss di puncak kota pintar terbaik bersama Oslo, Norwegia di posisi kedua. 

Sedangkan Singapura menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk ke sepuluh besar, yakni di urutan ketujuh.

(Medan) 

Belum ada Komentar untuk "Medan Masuk Daftar Kota Pintar Dunia"

Posting Komentar

Ramai-ramai Konten Kreator Sumut Deklarasi Dukung Bobby Nasution di Pilgubsu

LensaMedan - Para konten kreator yang berasal dari Sumatera Utara menyatakan dukungan kepada Bobby Nasution dalam kontestasi Pilgubsu, Novem...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel