Kolaborasi dengan USAID ERAT, Pemko Medan Sosialisasikan SP4N-LAPOR ke Masyarakat

Lensamedan - Pemerintah Kota Medan Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan USAID ERAT melakukan Talkshow dan sosialisasi terkait Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR), Selasa (19/9/23).

Talkshow ini menghadirkan sejumlah narasumber yaitu kepala Dinas Kominfo Kota Medan Arrahmaan Pane S.STP.M.AP, Pengelola Span Lapor Bahrian Effendi Dalimunthe,S.Sos,M.SI, Praktisi pelayanan Publik Budi Purwanto, dan masyarakat pengguna Span Lapor Juni Ferianto Saragih serta dipandu oleh Moderator Rizka Firdahlia.

Sebelum membuka talkshow, Rizka Firdahlia menjelaskan peran partisipasi masyarakat sangatlah penting dalam mendukung program pemerintah sebagai upaya mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas melalui penyampaian laporan (pengaduan, aspirasi dan permintaan informasi) di aplikasi SP4N-LAPOR.

“Melalui penggunaan aplikasi SP4N-LAPOR!, masyarakat dapat memberikan feedback kepada penyelenggara pelayanan publik atas kualitas pelayanan yang diterimanya,” ungkapnya. .

Kepala Dinas Infokom Arrahmaan Pane mengatakan, Pemko berkomitmen penuh untuk meningkatkan kinerja pengelolaan pengaduan SP4N-LAPOR di Kota Medan. Dia juga menjelaskan bahwa SP4N-LAPOR dibentuk untuk mendorong dan menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun dapat disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang.
 
“Sebagai komitmen, Pemko Medan mengintegrasikan aplikasi SP4N-LAPOR ke dalam aplikasi Mercy atau Medan Smart City untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses saluran pengaduan SP4N-LAPOR,” jelas Arrahmaan.

Menambahi Pernyataan Kadis Kominfo, Bahrian selaku Pengelola SP4N-LAPOR menjelaskan bagaimana pengelolaan SP4N-LAPOR selama ini sudah dijalankan.

“Selama periode Januari hingga September, Pemko Medan telah menerima 487 laporan dengan 273 laporan telah berhasil diselesaikan, sementara 186 lainnya masih dalam proses tindak lanjut dan 22 laporan lainnya belum ditindaklanjuti,” sebut Bahrian.

Sementara itu, Praktisi pelayanan publik Budi Purwanto menjelaskan laporan masyarakat ini sangat penting, karena ini dapat membangun pelayanan publik menjadi lebih baik lagi.

“Jadi kita terus mendorong agar laporan masyarakat bisa ditindaklanjuti, selain sebagai langkah untuk transparansi juga dapat membantu pemerintah dalam melakukan perbaikan layanan publik,” kata Budi.

Terakhir, Juni Ferianto Saragih sebagai masyarakat pengguna aplikasi memaparkan bagaimana media promosi dari aplikasi SP4N-LAPOR ini belum banyak dikenal oleh Masyarakat.

“Saya sudah pernah menggunakan aplikasi ini, namun masih ada plus minusnya, masih ada beberapa kebingungan di masyarakat saat menggunakannya, untuk itu perlu disosialisasikan secara lebih masif lagi karena ini sangat bermanfaat, ” paparnya. 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Kolaborasi dengan USAID ERAT, Pemko Medan Sosialisasikan SP4N-LAPOR ke Masyarakat"

Posting Komentar

Raih 44,14% Suara, Darwis - Oky Menangkan Pilkada Kabupaten Batu Bara

LensaMedan - Berdasarkan hasil quick count paslon 01, H Darwis-Oky Iqbal Frima meraih 41,44% suara atau lebih tinggi dari paslon nomor urut ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel