Asing Beli Bersih Rp787 Miliar, IHSG Bertahan di Zona Hijau


Lensamedan - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan mata uang Rupiah ditutup menguat pada perdagangan hari ini.

IHSG ditutup naik 0.53% di level 7.421,21, sementara mata uang Rupiah ditutup menguat di level 15.575 per Dolar AS.

IHSG selama sesi perdaganganmampu bertahan di teritori positif, sementara Rupiah yang sempat melemah di sesi awal perdagangan justru berbalik dan ditutup menguat.

Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, pada masa libur panjang, sejumlah bursa Asia terpantau mengalami penguatan.

Libur panjang ini membuat IHSG tertinggal dalam memanfaatkan momen penguatan tersebut.

"Dan pada hari ini, IHSG mampu ditutup menguat mengejar ketertinggalan itu," ujar Gunawan Benjamin di Medan, Rabu (13/3/2024).

Gunawan menyebutkan, membaiknya kinerja IHSG juga ditopang dengan aksi beli investor asing di pasar saham yang membukukan transaksi beli bersih Rp787 miliar.

Sementara data indeks keyakinan konsumen yang turun menjadi 123.1 di bulan Februari, atau lebih buruk dibandingkan dengan posisi Januari yang masih berada di level 125 tidak begitu memberikan dampak besar terhadap kinerja pasar keuangan di tanah air.

Selain itu data pertumbuhan ekonomi (PDB) inggris  yang membukukan pertumbuhan -0.1% di bulan Januari juga tidak memberikan dampak buruk bagi kinerja pasar keuangan secara keseluruhan.

"Dan untuk perdagangan besok, minimnya agenda ekonomi juga tidak akan memberikan perubahan besar bagi kinerja pasar keuangan secara keseluruhan," sebutnya.

Di sisi lain, harga emas pada perdaangan hari ini ditransaksikan stabil di kisaran level US$2.160 per ons troy, atau sekitar 1,1 juta per gramnya. Tidak banyak berubah dari perdagangan di pekan kemarin. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Asing Beli Bersih Rp787 Miliar, IHSG Bertahan di Zona Hijau "

Posting Komentar

Solid Menangkan Bobby Nasution-Surya, DPC Gerindra Medan Gelar Deklarasi

LensaMedan - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Medan menggelar deklarasi memenangkan Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur S...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel