Bank Sentral Swiss Pangkas Suku Bunga, Rupiah Melemah


Lensamedan - Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di akhir pekan lebih banyak berada di zona merah selama sesi perdagangan berlangsung.

Memburuknya kinerja sejumlah kinerja bursa di kawasan Asia, menjadi pendorong memburuknya kinerja IHSG pada perdagangan hari ini.

Bursa Hang Seng mengalami pelemahan yang paling besar di atas 2%, yang turut diikuti oleh pelemahan sejumlah bursa lainnya seperti shanghai.

Meski demikian, tetapi penutupan perdagangan di pada akhir pekan, IHSG mampu naik tipis 0.16% di level 7.350,15.

"IHSG pada dasarnya bergerak relatif stabil, dan diperdagangkan dalam rentang pergerakan yang sangat terbatas dengan kecenderungan melemah selama sesi perdagangan berlangsung," ujar Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, di Medan, Jumat (22/3/2024).

Berbeda dengan IHSG, kinerja mata uang Rupiah justru mengalami tekanan selama sesi perdagangan berlangsung hingga penutupan.

Mata uang Rupiah ditransaksikan melemah di level 15.775 pada sesi perdagangan sore. Mata uang Dolar AS memang tengah mengalami penguatan terhadap sejumlah mata uang di Asia pada perdagangan akhir pekan.

Dolar AS menguat setelah secara mengejutkan Bank Sentral Swiss (SNB) memangkas besaran bunga acuannya sebesar 25 basis poin menjadi 1.5%.

Terlebih  Dolar AS sejauh ini diuntungkan dengan rilis kinerja fundamental ekonomi yang terbilang masih cukup solid.

"Kebijakan Bank Sentral Swiss mengukuhkan bahwa pasar keuangan AS memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara lain yang menjadi tujuan investor global," sebutnya.

Sementara itu, harga emas ditransaksikan melemah di kisaran level US$2.169 per ons troy.

Penguatan  Dolar AS terhadap sejumlah mata uang di Asia turut menjadi kabar buruk bagi harga emas.

Walau demikian, harga emas masih relatif stabil jika ditransaksikan dalam mata uang Rupiah, dimana harga emas pada akhir pekan masih bertahan dikisaran Rp1,1 juta per gramnya. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Bank Sentral Swiss Pangkas Suku Bunga, Rupiah Melemah"

Posting Komentar

Warga Kota Pematang Siantar Heboh, Pasar Horas Terbakar

LensaMedan - Warga Kota Pematang Siantar dihebohkan dengan kebakaran besar yang melanda Gedung 4 Pasar Horas di Jalan Merdeka, Minggu (22/9/...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel