Minim Agenda Ekonomi, Pasar Keuangan dan Komoditas Cenderung Turun


Lensamedan - Pasar keuangan di tanah air kembali mengalami tekanan seiring dengan stagnasi yang terjadi pada bursa di Asia maupun Amerika. 

Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan pagi ini disebutkan Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, ditransaksikan melemah, seiring dengan pelemahan yang terjadi pada mayoritas bursa di Asia. 

“IHSG pada pagi ini dibuka melemah di level 7.346, dan secara teknikal IHSG berpeluang begerak dalam rentang 7.320 hingga 7.350,” sebut Gunawan di Medan, Selasa (26/3/2024).

Sementara itu, untuk kinerja mata uang Rupiah dikatakan Gunawan juga ditransaksikan melemah di detik awal pembukaan di kisaran level 15.800. 

Namun Rupiah sejauh ini mampu masih mencoba melawan tekanan dan sedikit menguat di level 15.770 per Dolar AS. 

Rupiah diproyeksikan akan berkonsolidasi di level psikologis 15.800, dimana Dolar AS diproyeksikan akan bergerak sideways terhadap sejumlah mata uang Asia lainnya.

Pasar keuangan pada perdagangan hari ini juga tidak banyak diwarnai agenda ekonomi penting. Minimnya sentimen fundamental membuat pasar akan lebih banyak dipengaruhi oleh faktor teknikal. 

“Walau demikian saya menilai pada perdagangan hari ini sentiment teknikal juga tidak akan banyak memberikan pengaruh yang besar bagi kinerja pasar secara keseluruhan,” ujarnya.

Dua agenda penting dari AS seperti indeks kepercayaan konsumen, dan pesanan barang tahan lama sekalipun diproyeksikan membaik, namun dampaknya tidak akan begitu dirasakan bagi pasar keuangan. 

Berbeda dengan rilis data inflasi yang memiliki pengaruh besar terhadap pasar keuangan dan harga emas. Sejauh ini, harga emas juga bergerak sideways dikisaran US$2.170 per ons troy nya. (*)


(Medan)


Belum ada Komentar untuk "Minim Agenda Ekonomi, Pasar Keuangan dan Komoditas Cenderung Turun"

Posting Komentar

Simak 4 Saham Rekomendasi Ipot di Pekan Ini

LensaMedan - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di level 7.743 atau melemah 0,83% dalam seminggu pada akhir perdagangan pekan lalu. ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel