Pasar Keuangan Kompak Menguat, Harga Emas Lanjutkan Penguatan

Lensamedan – Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat 0.6% di level 7.373,96. Kinerja IHSG pada perdagangan hari ini sedikit berbeda dengan kebanyakan kinerja bursa di Asia yang mengalami pelemahan. 

Ditengah penguatan IHSG pada hari ini, asing juga membukukan transaksi beli bersih senilai Rp507 miliar. 

“Kinerja IHSG yang menguat di hari ini, menimbulkan kekuatiran bahwa akan terjadi koreksi teknikal pada perdagangan besok,” ujar Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin di Medan, Kamis (7/3/2024).

Sementara itu, kinerja mata uang Rupiah juga ditransaksikan menguat di level 15.650 per US dolar pada penutupan hari ini. 

Pelaku pasar masih optimis bahwa sekalipun pidato Gubernur Bank Sentral AS tidak memberikan gambaran secara spesifik terkait pemotongan bunga acuan. Namun pasar sangat yakin bahwa The FED tetap akan memangkas besaran bunga acuannya di tahun ini.

Selain itu, pasca pidato bank sentral AS, kinerja dolar AS terpantau mengalami pelemahan terhadap sejumlah mata uang di kawasan Asia. 

Secara keseluruhan kata Gunawan, pasar menilai bahwa harapan akan pemangkasan bunga akan tetap terjadi di tahun ini. Dan sejauh ini pidato bank sentral AS menjadi kabar positif bagi kebanyakan mata uang di Asia.

Harga emas pada sesi perdagangan sore ini juga mengalami penguatan. Harga emas mampu menembus level US$2.150 per ons troy. 

“Harga emas terpantau mengalami penguatan ke level US$2.155 per ons troy. Kenaikan harga emas dunia tersebut tentunya akan mendongkrak kenaikan harga emas domestik,” pungkasnya. (*)


(Medan)

 

Belum ada Komentar untuk "Pasar Keuangan Kompak Menguat, Harga Emas Lanjutkan Penguatan "

Posting Komentar

Si Manis Harimau Sumatera Koleksi Medan Zoo Mati Karena Sakit Tua

LensaMedan- Si Manis, Harimau Sumatera berjenis kelamin betina mati Jumat (20/9/2024) sore sekira pukul 16.30 WIB di dalam kandangnya di Med...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel