Pasar Keuangan Waspadai Testimoni The FED di Akhir Pekan

Lensamedan - Minimnya sentimen pasar selama sesi perdagangan sepekan kedepan, bisa kembali menggring kinerja pasar keuangan bergerak dengan lebih banyak dipengaruhi oleh faktor teknikal. 

Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan bergerak dalam rentang 7.250 hingga 7.350 selama sesi perdagangan sepekan kedepan. 

“Hal itu dikarenakan pelaku pasar akan lebih banyak mengambil sikap wait and see menanti perkembangan data inflasi AS serta pernyataan Gubenur Bank Sentral AS di hari Jumat mendatang,” ujar Gunawan di Medan, Senin (25/3/2024).

Sementara itu, untuk kinerja mata uang Rupiah menurut Gunawan bisa saja berbeda dengan kinerja IHSG. 

Meskipun pada dasarnya tidak ada agenda ekonomi penting yang bisa mempengaruhi kinerja mata uang Rupiah selama sepekan kedepan. 

Rupiah diproyeksikan akan bergerak dalam rentang 15.650 hingga 15.800 selama perdagangan sepekan kedepan.

Di akhir pekan nanti, AS akan merilis data inflasinya. Sayangnya, sejauh ini inflasi AS diproyeksikan masih akan bergerak mendatar. 

“Ekspektasi kinerja inflasi AS sejauh ini belum bisa dijadikan rujukan apakah The FED nantinya akan lebih cepat dalam memangkas besaran bunga acuannya, atau justru kian jauh dari kemungkinan pemangkasan bunga acuan dalam waktu dekat,” sebut Gunawan.

Sementara itu, kinerja sejumlah bursa di Asia pada perdagangan hari ini terpantau bergerak sideways. IHSG dibuka melemah di level 7.344. 

Disisi lainnya, kinerja mata uang Rupiah ditransaksikan melemah dikisaran level 15.780 per Dolar AS. Ekspektasi inflasi yang mengarah pada kemungkinan laju tekanan yang tetap mampu bertahan di level sebelumnya menjadi indikasi bahwa The FED bisa saja bersikap hawkish di akhir pekan.

Mengingat Gubernur Bank Sentral AS atau The FED dijadwalkan akan memberikan testimoninya pada hari Jumat mendatang. 

Namun testimoni The FED tersebut nantinya akan lebih banyak bergantung dengan bagaimana realisasi inflasi AS nantinya. 

Sementara itu, harga emas juga kembali ditransaksikan menguat di kisaran level US$2.176 per ons troy nya. (*)


(Medan)


 

Belum ada Komentar untuk "Pasar Keuangan Waspadai Testimoni The FED di Akhir Pekan"

Posting Komentar

KPU Sumut Tetapkan Dua Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur

Lensamedan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) menetapkan pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut untuk P...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel