Awal Perdagangan, IHSG Menguat Tapi Rupiah Melemah


Lensamedan - Data penjualan mobil yang mengalami penurunan sebesar 17.5% selama bulan April mendorong indeks bursa saham bergerak sideways di pagi ini. 

Dimana Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperdagangkan dikisaran 7.110. Meskipun IHSG terpantau menguat, namun di 5 menit pertama perdagangan IHSG mengalami tekanan.

Sejauh ini, menurut Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, penguatan kinerja indeks bursa di tanah air tidak terlepas dari membaiknya kinerja indeks bursa di kawasan Asia. Meskipun pasar sendiri juga tengah menanti pidato Gubernur Bank Sentral AS yang akan disampaikan hari ini. 

“IHSG pada hari ini berpeluang ditransaksikan dalam rentang 7.080 hingga 7.120. IHSG berpeluang untuk diperdagangkan di zona merah pada hari ini,” kata Gunawan di Medan, Selasa (14/5/2024).

Sementara itu, mata uang rupiah kembali mengalami tekanan ke level 16.125 per Dolar AS. Kekhawatiran adanya kemungkinan dibatalkannya penurunan bunga acuan kembali memuncak. 

Bahkan spekulasi terkait dengan kemungkinan The FED justru akan menaikkan bunga acuan kembali menggema. 

“Ini menjadi kabar yang kurang baik bagi Rupiah dan pasar keuangan secara keseluruhan,” sebut Gunawan.

Di sisi lain, harga emas ditransaksikan menguat dikisaran level US$2.343 per ons troy nya. Harga emas sendiri juga masih belum bisa bergerak menguat lebih jauh dan menunggu arah kebijakan bunga acuan. 

Namun, sekalipun nantinya The FED memberikan isyarat yang bernada hawkish. Emas berpeluang mampu bertahan, karena sejauh ini diuntungkan dengan tensi eopolitik yang kembali memanas belakangan ini. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Awal Perdagangan, IHSG Menguat Tapi Rupiah Melemah "

Posting Komentar

Pasca Covid-19, Pertumbuhan Ekonomi Medan Terus Meningkat

LensaMedan - Pasca pandemi Covid-19 pertumbuhan ekonomi Medan terus meningkat, dari minus 2 persen kini mencapai 5 persen.  "Capaian in...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel