Sofyan Tan: Empat Pilar Kunci Sukses Wujudkan Indonesia Emas 2045


LensaMedan - Anggota MPR RI, Sofyan Tan, mengajak mahasiswa dan dosen di Kota Medan untuk tetap setia memegang teguh Pancasila dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ajakan ini disampaikannya saat menggelar sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di Aula Bung Karno Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM), Rabu (15/5/2024).

"Kenapa ajakan ini terus menerus saya lakukan, terutama ke kalangan mahasiswa? Karena pada saat Indonesia masuk ke usia 100 tahun, kalian adalah pemegang kendali," kata Sofyan Tan.

Sofyan Tan menyebutkan, Pancasila sebagai bagian dari empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, memiliki kerikatan yang kuat dengan rakyat.

"Karena 5 sila yang terbuat di Pancasila lewat dalam praktik kehidupan sehari-hari," sebutnya.

Meski demikian, lanjut Politikus PDI Perjuangan ini,  UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, tetap wajib dipahami.

“Sebagai generasi muda dan yang mendidik generasi muda, kita harus terus agar miliki kebanggaan sebagai orang Indonesia untuk menjaga kedaulatan republik ini secara utuh,” tegasnya.

Sofyan Tan menyebutkan, empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara juga sangat penting untuk disosialisasikan ke masyarakat luas karena negara Indonesia yang luas dengan jumlah pulau dan bahasa yang sangat banyak  menjadi salah satu ancaman jika tidak dimanage secara baik.

“Negara yang luas dengan masyarakat yang heterogen jika dimanage dengan baik bisa menjadi satu kekuatan besar. Untuk itu empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara harus mampu disosialisasikan ke masyarakat. Kita tidak bisa melupakan bahwa di negara ini  ada berbagai suku, namun di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita ini adalah orang Indonesia,” imbuhnya.

Indonesia ditekankan Sofyan Tan ibarat bangunan yang tinggi, yang membutuhkan pondasi yang dalam, tiang yang kokoh dan atap yang kuat sehingga bisa menjadi tempat bernaung yang aman dan nyaman.

"Tiang, fondasi, atap dan lantai itu adalah empat pilar. Karenanya harus kita jaga betul agar kita tetap bisa hidup damai dan tentram," pungkasnya. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Sofyan Tan: Empat Pilar Kunci Sukses Wujudkan Indonesia Emas 2045"

Posting Komentar

Sequis Ingatkan Generasi Muda Waspada Bahaya Pinjaman Online dan Judi Online   

LensaMedan - Indonesia di tahun 2045 mendatang akan mendapatkan bonus demografi, yaitu jumlah penduduk Indonesia sekitar 70% tergolong dalam...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel