Akhir Pekan, IHSG Terpuruk Dalam


LensaMedan - Pada hari ini tidak ada agenda ekonomi yang sebenarnya bisa begitu memberikan tekanan terhadap mata uang Rupiah maupun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Sejumlah indikator ekuangan menunjukan bahwa pasar keuangan di tanah air relatif bergerak stabil pada perdagangan hari ini.

Namun nyatanya kinerja mata uang Rupiah maupun IHSG terpuruk cukup dalam di akhir pekan.

Mata uang Rupiah di pasar non delivery forward (NDF) terpantau melemah hingga menyentuh level 16.471 per Dolar AS, dan nyaris menyentuh 16.500 per Dolar AS.

Dan pada sesi penutupan perdagangan, Rupiah ditutup melemah di level 16.395 per Dolar AS.

Di pasar keuangan domestik, kinerja Rupiah mampu mengurangi kerugiannya setelah mencatatkan pelemahan di level 16.416 per Dolar AS.

"Namun, pelaku pasar mewaspadai kinerja Rupiah di pasar NDF offshore, dimana Rupiah akan tetap diperdagangkan dan akan dijadikan sebagai acuan pembentukan harga selanjutnya. Meskipun harga di pasar NDF tidak selalu seirama dengan kinerjanya di pasar keuangan domestik. Namun, kinerja Rupiah di pasar NDF justru berpeluang menggiring kinerja Rupiah di pasar domestik," ujar Analis keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, di Medan,  Jumat (14/6/2024)..

Selanjutnya, pelemahan Rupiah pada perdagangan hari ini juga turut memicu terjadinya pelemahan pada IHSG.

Pada penutupan perdagangan akhir pekan ini, IHSG disebutkan Gunawan anjlok 1,42% di level 6.734,83. Dan seperti biasanya, investor asing justru  membukukan transaksi beli bersih senilai Rp1,4 triliun.

"IHSG menjadi salah satu bursa yang berkinerja paling buruk diantara bursa di Asia lainnya," katanya.

Berbeda dengan IHSG maupun Rupiah, harga emas justru mengalami pemulihan kinerja pada perdagangan sore ini.

Harga emas ditransaksikan menguat di kisaran level US$2.317 per ons troy nya. Dan jika dirupiahkan, harga emas ditransaksikan 1,23 juta per gramnya.

Harga emas mengalami kenaikan seiring dengan melemahnya kinerja mata uang rupiah serta membaiknya harga emas dunia. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Akhir Pekan, IHSG Terpuruk Dalam "

Posting Komentar

Lakukan Monev di Rutan Kelas I Medan, Sesitjen Berikan Apresiasi

LensaMedan - Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM melakukan Monitoring Rencana Aksi Percepatan Perjanjian Kinerja Kemenkumham yait...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel