Ciptakan Generasi Intelektual Peduli Konservasi, OIC dan Orangutan Republic Kembali Serahkan Beasiswa Peduli Orangutan


LensaMedan – Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Centre (YOSL-OIC) bersama dengan Orangutan Republik Foundation (OURF) kembali menjaring mahasiswa terbaik di wilayah Aceh dan Sumatra Utara (Sumut) lewat program Beasiswa Peduli Orangutan.

Binur D Naibaho, mewakili Direktur Eksekutif OIC, mengatakan bahwa program yang dimulai pada tahun 2006 ini bertujuan memberikan dukungan dan bantuan kepada mahasiswa di Sumut dan Aceh yang sedang menempuh studi di bidang konservasi sumber daya alam.

"Selain itu, program ini juga bertujuan melahirkan generasi intelektual yang berkomitmen dan peduli terhadap upaya perlindungan dan penyelamatan Orangutan Sumatera serta habitatnya," ujar Binur di acara penandatanganan kontrak beasiswa yang digelar di Fave Hotel, Rabu (19/6/2024).

Sejak tahun 2006 hingga 2024, kata Binur, program Beasiswa Peduli Orangutan telah memberikan kesempatan kepada 189 mahasiswa dari Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Medan Area (UMA), Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, dan Sekolah Tinggi Ilmu Kehutanan (STIK) Pante Kulu.

Lewat program ini, para mahasiswa terpilih mendapatkan dukungan dana SPP dan konsultasi hingga masa pendidikan mereka berakhir.

Bantuan beasiswa ini mencakup biaya SPP dan penelitian sebesar Rp15.500.000 untuk seluruh jurusan.

"Dan khusus untuk mahasiswa fakultas kedokteran hewan Universitas Syiah Kuala, akan mendapat dukungan biaya koas sehingga total yang diterima mencapai Rp18.500.000," katanya.

Proses penyaringan penerima beasiswa dimulai dari pendaftaran, seleksi berkas, seleksi karya tulis, hingga presentasi dan wawancara.

Rangkaian proses ini dimulai pada bulan Maret dan berakhir dengan terpilihnya enam mahasiswa dari Sumut dan enam dari Aceh sebagai penerima beasiswa.

Pemberian dan penandatanganan kontrak beasiswa disaksikan Pembina Yayasan OIC Panut Hadisiswoyo dan juga Presiden Orangutan Republic Foundation, Gary Shapiro. (*)

(Medan)
 

Belum ada Komentar untuk "Ciptakan Generasi Intelektual Peduli Konservasi, OIC dan Orangutan Republic Kembali Serahkan Beasiswa Peduli Orangutan"

Posting Komentar

PB PON XXI Wilayah Sumut Gelar Pameran Foto

LensaMedan - Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Wilayah Sumatera Utara (Sumut)  menggelar pameran foto Pekan Olahraga Nasi...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel