Harga Kebutuhan Pangan Relatif Stabil, Meskipun Permintaan Melonjak Jelang Iduladha


LensaMedan - Sejumlah harga kebutuhan masyarakat seharii menjelang Iduladha terpantau bergerak stabil di hari Minggu (16/6/2024). 

Harga cabai merah terpantau masih berada dalam rentang Rp53 ribu hingga Rp57 ribu per Kg, selanjutnya harga daging ayam masih terpantau bergerak dalam rentang Rp24 ribu hingga Rp28 ribu per Kg, cabai rawit dalam rentang Rp20 ribu hingga Rp34 ribu, dan bawang merah ada dikisaran Rp37 ribu hingga Rp43 ribu per Kg.

Selanjutnya bawang putih berada dikisaran Rp35 ribuan per Kg, tomat Rp6 ribu per Kg, ikan tongkol Rp13 ribu per Kg dan ikan dencis ada dikisaran Rp25 ribu per Kg. 

Sedangkan harga daging sapi, minyak goreng, gula pasir, beras, dan telur ayam terpantau bergerak stabil. 

“Momen puncak belanja jelang Iduladha memang terjadi pada hari ini,” ujar Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin.

Dengan lompatan belanja yang signifikan tersebut, kata Gunawan, maka akan ada normalisasi belanja masyarakat setelah peryaaan idul adha (H+3). 

Walaupun untuk belanja daging ayam belum bisa dikatakan akan kembali normal, karena pasokan daging sapi akan melimpah. Dan normalisasi belanja daging ayam diproyeksikan terjadi pada dua pekan sejak perayaan Iduladha.

Sehingga sejumlah harga kebutuhan pangan masyarakat berpeluang untuk mengalami penurunan nantinya. 

Beberapa harga komoditas pangan yang berpeluang untuk turun adalah bawang merah dan cabai merah serta kemungkinan penurunan tipis harga daging ayam. 

“Sementara daging sapi juga tidak akan mengalami penurunan, sekalipun pasokan daging sapi masyarakat melimpah ruah,” katanya.

Tren belanja masyarakat setelah Iduladha, serta jelang tahun baru islam juga akan mengalami penurunan. 

Selama bulan muharam yang akan datang, acara hajatan masyarakat disebutkan pria berkaca mata ini tidak akan semeriah priode setelah Idulfitri hingga Iduladha. Namun bukan berarti penurunan harga terjadi karena melemahnya demand. Karena pasokan juga sudah disesuaikan terlebih dahulu untuk memenuhi permintaan.

Kalaupun ada proyeksi penurunan yang paling besar ada pada harga cabai merah dan bawang merah. Sementara komoditas lainnya berpeluang turun dalam rentang yang terbatas di bulan Juni ini. 

“Dan secara keseluruhan, perayaan Iduladha di tahun ini tidak memicu terjadinya kenaikan harga kebutuhan masyarakat yang signifikan. Sejauh ini semuanya masih relatif stabil meskipun beberapa komoditas pangan masih bertahan mahal,” pungkasnya. (*)


(Medan)









Belum ada Komentar untuk "Harga Kebutuhan Pangan Relatif Stabil, Meskipun Permintaan Melonjak Jelang Iduladha"

Posting Komentar

PB PON XXI Wilayah Sumut Gelar Pameran Foto

LensaMedan - Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Wilayah Sumatera Utara (Sumut)  menggelar pameran foto Pekan Olahraga Nasi...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel