IHSG Bertahan di Zona Hijau, Rupiah Melemah Dekati 16.500


LensaMedan - Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi pembukaan perdagangan ditransaksikan menguat dikisaran 6.838.

Sementara sejumlah bursa di Asia ditransaksikan mixed, dimana sebagian bursa di China memimpin koreksi pada perdagangan hari ini. 

Kinerja IHSG melanjutkan penguatan di sesi perdagangan pagi, setelah pada perdagangan kemarin IHSG juga mampu menguat ditengah tekanan mata uang Rupiah.

Di sisi lain, mata uang Rupiah masih melanjutan pelemahan. Di sesi perdagangan pagi, Rupiah terpantau melemah dikisaran level 16.470 per Dolar AS. 

Kinerja mata uang Rupiah mengalami tekanan, sekalipun Dolar AS juga tidak didukung oleh sejumlah indikator keuangan yang membaik. Kinerja USD Index, imbal hasil US Treasury yang relatif stagnan pada dasarnya tidak memberikan dorongan penguatan pada Dolar AS.

Dan Dolar AS sendiri juga terpantau bergerak relatif stabil terhadap sejumlah mata uang asia lainnya. 

Kebijakan BI yang mempertahankan bunga acuan memang tidak banyak membantu Rupiah untuk menguat di pasar spot, karena pasar justru tengah dibayangi suku bunga acuan The FED yang tinggi untuk waktu yang lama.

Sehingga sebaiknya mewaspadai potensi tekanan yang berpeluang terjadi pada IHSG, seiring dengan pelemahan Rupiah ditambah dengan minimnya agenda ekonomi pada hari ini. 

 Analis keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, menilai IHSG masih berpeluang untuk berayun dalam rentang 6.770 hingga 6.870. Sementara rupiah, diproyeksikan berada dalam rentang 16.430 hingga 16.490.

“Pasar keuangan di tanah air pada dasarnya belum didukung sentimen fundamental yang mampu mendorong penguatan,” ujar Gunawan di Medan, Jumat (21/6/2024). 

Selanjutnya, harga emas ditransaksikan menguat di kisaran US$2.360 per ons troy nya. Harga emas cenderung menguat seiring dengan memburuknya tensi geopolitik global. 

“Emas cenderung dirugikan dengan arah kebijakan The FED sejauh ini,” kata Gunawan. (*)


(Medan)


Belum ada Komentar untuk "IHSG Bertahan di Zona Hijau, Rupiah Melemah Dekati 16.500"

Posting Komentar

Pasar Keuangan Hingga Emas Kompak Melemah

LensaMedan - Bursa di Asia pada perdagangan pagi ini mayoritas ditransaksikan di zona merah. Melemahnya bursa di Asia berpeluang menggiring ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel