Turun Lagi, Harga Cabai Merah Sentuh Rp36 Ribu


LensaMedan - Harga cabai merah melanjutkan penurunan pada perdagangan akhir pekan ini. Dari hasil pemantauan di pasar, harga cabai merah dijual dalam rentang Rp36 ribu hingga Rp45 ribu per Kg. 

Dimana harga cabai merah di wilayah Deliserdang cenderung lebih murah dibandingkan dengan di sekitar Kota Medan. Selain cabai merah, harga tomat juga diperdagangkan turun.

Di level pedagang besar, harga tomat ditransaksikan dikisaran Rp1.000 hingga Rp2.000 per Kg. Di level pengecer harga tomat ditransaksikan dalam rentang Rp3.000 hingga Rp6.000 per Kg dengan beragam kualitas yang telah melewati proses penyortiran. 

“Meskipun kita masih bisa menemukan harga tomat yang dijual Rp8 ribu per Kg nya, khususnya di sekitar Kota Medan,” ujar Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, di Medan, Sabtu (22/6/2024).

Selain dua komoditas tersebut, kata Gunawan, harga bawang merah juga berpeluang untuk mengalami penurunan dalam waktu dekat. 

Ia menilai harga bawang merah di pekan depan berpeluang untuk turun tipis, dari kisaran harganya saat ini Rp32 ribu hingga Rp36 ribu per Kg. 

Sisi persediaan (supply) yang membaik menjadi peluang bagi harga bawang merah untuk lanjutkan penurunan.

Untuk komoditas lainnya terpantau bergerak stabil di akhir pekan ini. Seperti daging ayam, bawang putih, gula pasir, minyak goreng, beras, telur ayam, dan daging sapi. 

“Sementara itu harga ikan segar seperti tongkol mengalami kenaikan dan dijual dikisaran Rp20 ribu per Kg. Untuk ikan dencis ditransaksikan dikisaran Rp25 ribu per Kg nya,” kata Gunawan.

Secara keseluruhan harga sejumlah kebutuhan pangan strategis masyarakat cenderung mengalami penurunan setelah perayaan Iduladha. 

Meskipun banyak komoditas pangan yang turun, namun untuk harga cabai merah dan bawang merah sejauh ini dinilai masih cukup mahal. Dan di bulan Juni ini, deflasi di Sumut kian jelas terlihat. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Turun Lagi, Harga Cabai Merah Sentuh Rp36 Ribu "

Posting Komentar

Sokong Usaha Kreatif, Dinas Pariwisata Medan Gelar Workshop Digital Marketing

LensaMedan - Guna menyokong pertumbuhan usaha ekonomi kreatif, Pemko Medan melalui Dinas Parawisata menggelar Workshop Digital Marketing. Ke...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel