Gelar Edukasi Kesehatan di Peringatan Hari Anak Nasional, Cara TCPC Dukung Indonesia Miliki Generasi Emas di 2045


LensaMedan - Memperingati Hari Anak Nasional, The Clinic Pediatric Care (TCPC) menyambangi 14 SD dan TK di Kota Medan.

Aktivitas yang dimulai bulan Juni lalu ini bertujuan untuk memberi edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut serta mencuci tangan yang baik dan benar.

dr. Muhammad Akbar, SpA, dari TCPC, mengatakan, kegiatan edukasi ini merupakan bentuk dukungan TCPC dalam menyiapkan generasi yang mumpuni pada tahun 2045 mendatang.

Apalagi saat ini kata Akbar, Pemerintah sedang fokus mengatasi masalah stunting.

"Karena tentunya kita tidak ingin jika di tahun 2045 mendatang, kita hanya unggul di jumlah SDM, tetapi kalah dalam kualitas," ujar Akbar kepada wartawan, Kamis (25/7/2024).


Akbar menjelaskan, permasalahan stunting di Indonesia banyak disebabkan asupan nutrisi yang tidak cukup di masa tumbuh kembang anak.

Akibatnya, anak yang kekurangan nutrisi akan tumbuh pendek, dan pada akhirnya bisa menyebabkan ukuran kepala menjadi kecil.

"Terus kalau ukuran kepalanya kecil apa masalahnya? Anaknya jadi idiot. Nah ini yang banyak orang awam belum pahami," jelasnya.

Lebih jauh dikatakannya, saat bertemu orangtua yang datang ke TCPC, ia dan tim dokter anak yang bergabung di TCPC didorong untuk juga memberikan edukasi tentang bagaimana cara mendidik anak.

"Cara ini akan lebih efektif, karena disampaikan ketika mereka sedang butuh kita," tambahnya.

Selain itu, tambahnya,  TCPC juga menyiapkan waktu konsultasi penyusunan  nutrisi buat anak, sehingga tumbuh kembangnya lebih baik.

"Jadi dalam sepekan, kita siapkan jadwal konsultasi di hari Senin dan Sabtu. Supaya asupan yang masuk tidak hanya sekedar mengenyangkan anak saja, tetapi juga harus memberikan manfaat ke tubuh," kata Akbar.

Diketahui, Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Di tahun ini, tema yang diangkat adalah "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" dengan 6 sub tema yakni Suara anak membangun bangsa, Anak cerdas, berinternet sehat, Pancasila di hati anak Indonesia, Dare to lead and speak up: Anak pelopor dan pelapor.

Kemudian Pengasuhan layak untuk anak: Digital parenting, dan Anak merdeka dari kekerasan, perkawinan anak, pekerja anak dan stunting. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Gelar Edukasi Kesehatan di Peringatan Hari Anak Nasional, Cara TCPC Dukung Indonesia Miliki Generasi Emas di 2045"

Posting Komentar

Bobol Gawang Bobby Nasution, Bocah 8 Tahun Dapat Hadiah Sepeda

LensaMedan - Entah mimpi apa Rendi Sitanggang, malam kemarin. Diantara banyak anak yang berada di lapangan, bocah 8 tahun ini dipilih untuk ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel