KKSU X NSI DAY 2024, Upaya BI Dorong Kemajuan UMKM, Pariwisata, dan Investasi Sumut


LensaMedan - Lebih dari 150 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan di Sumatra Utara (Sumut) dari sektor kopi, kain/wastra, hingga kuliner dihadirkan secara langsung di ajang Karya Kreatif Sumatra  Utara (KKSU) 2024.

Sedangkan pameran online juga tetap dilakukan pada website KKSU (www.karyakreatifsumut.com) dengan melibatkan lebih dari 300 UMKM. 

Bertajuk "Rap Pamajuhon Sumatera Utara", KKSU x NSI Day 2024 resmi dibuka pada 3 Juli 2024 bertempat di Istana Maimun dilanjutkan dengan rangkaian acara di Delipark Mall hingga 7 Juli 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari Harvesting Gernas Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gernas Bangga Berwisata di Indonesia (GBBWI).

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung, menyampaikan, Bank Indonesia selaku campaign manager Gernas BB-BBWI Sumut mencanangkan 3 inisiatif progam.

Pertama, digitalisasi UMKM melalui program onboardingke marketplace serta pelatihan digital marketing yang bekerjasama dengan top brands e-commerce, serta sosialisasi dan fasilitasi pembuatan QRIS untuk merchant UMKM. 

Kedua, promosi perdagangan UMKM melalui pameran dan business matching di dalam dan luar negeri utamanya produk unggulan Sumut, yakni kopi, kuliner, dan fashion. 

“Dan yang ketiga, program pengembangan UMKM dan desa wisata dalam mendukung green economy melalui rekrutmen Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI) yang berorientasi pada sustainable product/ramah lingkungan serta implementasi konsep eco- wisata,” ujar Juda Agung saat membuka KKSU 2024.

Senada dengan hal tersebut, Pj. Gubernur Sumut, Agus Fatoni, menyampaikan UMKM menyerap tenaga kerja hingga 80% di Sumut.

Untuk itu KKSU diharapkan dapat menjadi katalisator dalam meningkatkan jumlah UMKM naik kelas baik dari sisi skala/kapasitas, pembiayaan, serta pemasaran yang menuju ke arah digital sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan lebih banyak dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 

“Melalui penyelenggaraan KKSU 2024 ini, kami selaku Pemerintah berharap berbagai kendala UMKM naik kelas perlahan dapat diselesaikan melalui perluasan akses pemasaran produk seperti pameran, promosi produk melalui media sosial dan marketplace, business matching pembiayaan, peningkatan literasi UMKM, serta mendorong kreatifitas UMKM melalui berbagai kompetisi lomba,” kata Fatoni.

KKSU 2024 menjadi puncak selebrasi program pengembangan UMKM Go Export dengan total nilai transaksi ekspor mencapai Rp42 miliar, pembiayaan UMKM mencapai Rp8,7 miliar, penandatanganan kerja sama 10 proyek investasi strategis senilai Rp500 miliar, serta penyerahan Program Sosial Bank Indonesia berupa revitalisasi Istana Maimun untuk mendukung sektor pariwisata. 

Rangkaian acara KKSU yang akan berlangsung hingga 7 Juli 2024 di Delipark Mall Medan meliputi pameran UMKM unggulan, talkshow, kompetisi sektor kopi dan desain busana, fashion show UMKM, serta akan ditutup dengan BMPD Medan Run.  (*)


(Medan)


Belum ada Komentar untuk "KKSU X NSI DAY 2024, Upaya BI Dorong Kemajuan UMKM, Pariwisata, dan Investasi Sumut "

Posting Komentar

Buka FKUB Expo 2024, Aulia Rachman: Mari Terus Jaga, Rawat & Pelihara Kerukunan LensaMedan

LensaMedan - Penekanan tombol sirine seraya mengucap bismillahirrahmanirrahim, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan H Aulia Rachman secara ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel