QJI KPwBI Sumut Akuisisi QRIS 209 Merchant Sektor Pariwisata


LensaMedan - Peserta Program QRIS Jelajah Indonesia (QJI) yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sumatera Utara (Sumut) pada 13-19 Juli 2024 menjadi peserta terbanyak dari seluruh KPWBI yang menggelar kegiatan serupa.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut, Suharman Tabrani, mengatakan, jumlah akun pendaftar QJI di KPwBI Sumut tercatat sebanyak 492 akun.

Jumlah akun pendaftar QJI ini menempatkan KPwBI Sumut di peringkat pertama, disusul KPwBI Jawa Tengah yang tercatat sebanyak 277 akun dan KPwBI Sumatra Barat yang mencapai 227 akun.

"Banyaknya pendaftar ini menunjukkan bahwa anak-anak muda Sumut antusias ikut serta dalam kegiatan yang bertujuan mendorong pariwisata di daerah dengan menggunakan alat pembayaran QRIS, " ujar Suharman Tabrani dalam kegiatan Bincang Bareng Media (BBM) yang digelar Senin (29/7/2024) di Kantor BI Sumut, Jalan Balai Kota Medan.

Dari jumlah akun yang mendaftar tersebut kata Suharman, hingga akhir pendaftaran, ada 275 tim yang mendaftar secara lengkap.

"Dari hasil profiling yang kami lakukan, para peserta terdiri dari masyarakat umum, mahasiswa dan  pegawai bank yang juga merupakan influencer atau content creator," sebutnya.

Dijelaskannya, sebanyak 275 Tim QJI ini mendapat tugas pertama di Medan untuk mencari 20 tim yang kemudian akan melanjutkan tugas kedua di Bukit Lawang, sebelum  akhirnya terpilih 3 tim untuk menyelesaikan tugas di kawasan Tongging.

"Mereka ini membawa misi mendorong merchant menggunakan QRIS, melakukan sosialisasi menyangkut Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Teroris (APU PPT), Gerakan Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, termasuk perlindungan konsumen dan elektronifikasi," jelasnya.

Dari kegiatan ini, lanjutnya, tercatat ada 934 responden yang berhasil diberi edukasi atau pemahaman tentang kebijakan Bank Indonesia di bidang sistem pembayaran.

Kemudian kegiatan ini juga berhasil mengakuisisi 209 merchant di sektor pariwisata untuk menggunakan QRIS, termasuk juga mendapatkan 220 pengguna baru QRIS.

"Memang kelihatan sepintas ini belum begitu besar. Tetapi kami berharap dampaknya kedepan, orang-orang yang menjadi responden dan juga pengguna baru QRIS maupun sebagai merchant yang baru menggunakan QRIS semakin berkembang," tandasnya. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "QJI KPwBI Sumut Akuisisi QRIS 209 Merchant Sektor Pariwisata"

Posting Komentar

Clapham Conference 2024: Empowering Future Leaders in Business and Marketing

LensaMedan - Clapham Conference 2024 siap kembali dengan upaya menginspirasi dan memberdayakan generasi pemimpin masa depan Mengusung tema &...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel