Redam Inflasi, Dinas Ketapang Sumut Gelar GPM


LensaMedan - Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Ketapang TPH) Sumatera Utara (Sumut) kembali menggelar kegiatan Gerakan Pasar Murah (GPM) di halaman Toko Tani Center, kawasan Jalan AH Nasution Medan, Senin (29/7/2024) pagi. 

Kepala Dinas Ketapang TPH Sumut, Rajali, diwakili Sekretaris Dinas, Lusyantini, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, sekaligus meredam inflasi.

“Kegiatan GPM ini sebagai salah satu upaya meredam inflasi, sekaligus agar masyarakat mendapatkan harga pangan yang murah dan berkualitas,” ungkap Lusyantini dalam kegiatan GPM yang bekerjasama dengan pihak BUMN, BUMD, swasta dan pelaku usaha di sektor pertanian ini.

Ia berharap, GPM bisa dimanfaatkan masyarakat di sekitar lokasi pelaksanaannsya untuk mendapatkan kebutuhan pangan sehari-hari dengan harga yang terjangkau.

Pada kesempatan yang Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Ketapang TPH Sumut, Ahmad Fauzan Lubis, menjelaskan, bahan pangan yang dijual meliputi beras SPHP kemasan 5 Kg, gula pasir, minyak goreng, telur, cabai merah, bawang merah dan bawang putih, buah-buahan, sayur, bahan olahan daging, beragam produk olahan susu, sabun cuci piring dan bohlam.

“Semua produk yang ditawarkan berkualitas dan relatif lebih murah dibanding di pasaran,” sebutnya lantas menambahkan, beras SPHP kemasan 5 kg dibanderol Rp59 ribu dan minyak goreng kemasan seharga Rp14.500 per liter.

Ditemui disela-sela kegiatan, Sub-Koordinator Distribusi dan Cadangan Pangan Bidang Ketapang Dinas Ketapang TPH Sumut, Seri Ukur Sembiring, merinci, sejumlah stakeholder yang terlibat dalam GPM kali ini. 

Pihak Perum Bulog, lanjutnya, menyiapkan beras SPHP kemasan 5 kg. Sementara PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) memajang gula pasir, tisu dan bohlam serta PT Perusahaan Perdagangan Indonesia menawarkan minyak goreng kemasan dan sabun cuci piring. 

Berbeda dengan manajemen PT Diamond Fair/PT Sukanda Djaya yang memajang beragam produk olahan susu dan daging, serta jus.

“Distributor telur dan sejumlah petani sayur-mayur juga berpartisipasi dalam kegiatan ini,” tuturnya.

Berdasarkan pengamatan, antusiasme masyarakat untuk membeli bahan pangan di GPM tergolong tinggi. Mayoritas kaum ibu memanfaatkan harga murah untuk membeli kebutuhan sehari-hari keluarganya. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Redam Inflasi, Dinas Ketapang Sumut Gelar GPM "

Posting Komentar

Clapham Conference 2024: Empowering Future Leaders in Business and Marketing

LensaMedan - Clapham Conference 2024 siap kembali dengan upaya menginspirasi dan memberdayakan generasi pemimpin masa depan Mengusung tema &...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel