Sofyan Tan Dorong Promosi Tarian Dilakukan dengan Konten


LensaMedan – Anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan, mengatakan, tarian khas Sumatera Utara harus dipromosikan dengan ide-ide kreatif. Salah satunya adalah dengan menguatkan konten dari tarian yang ditampilkan.

“Promosikan tarian itu dengan kasi cerita tentang asal-muasal tarian tersebut. Itu namanya konten,” ujar Politisi PDI Perjuangan itu saat memberikan sambutan dan pembukaan di acara BISA Fest yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) dengan tema Atraksi Kreasi Tari Khas Sumatera Utara di Karibia Boutique Hotel, Medan, Rabu (17/7/2024).

Sofyan Tan menyampaikan tarian bukan sekedar menampilkan gerakan-gerakan.

Tapi juga harus mengungkap makna yang terkandung di dalam terciptanya setiap gerakan tari. Jika tarian punya makna tentang hubungan pasangan kekasih, maka penarinya pun harus membawakannya dengan penuh keceriaan dan kebahagiaan.

“Mimik dan otot wajah harus ikut menari dan ekspresif. Jangan dengan wajah cemberut,” ujar Sofyan Tan.

Karena itu wajar menurutnya jika penari itu umumnya cantik dan menarik. Sebab selain selalu dilatih dengan gerakan-gerakan yang membuat tubuh sehat, juga murah senyum dan bahagia selama menampilkan tarian.

Analis Kebijakan Ahli Muda Direktorat Event Nasional dan Internasional Kemenpar Ekraf, Heri Retno Indriyani, dalam sambutannya menyampaikan, program BISA Fest ini adalah kerjasama Kemenpar Ekraf dengan Komisi X DPR di seluruh Indonesia.

Medan terpilih menjadi salah satu daerah yang menjadi fokus kegiatan berkat aspirasi dari Sofyan Tan.

Melalui program tersebut Retno berharap para pengelola seni dan sanggar tari dapat menciptakan kreasi-kreasi baru, dan berinovasi dengan tarian khas Sumatera Utara.

Sebab menurutnya jika tarian khas daerah tidak diinovasikan dengan kreasi, akan ditinggalkan anak-anak muda yang diharapkan mampu meregenerasikan budaya daerah.

Dalam acara tersebut, diberi kesempatan pada sanggar tari dan lembaga pendidikan yang memiliki komunitas tari seperti Sanggar Tari Universitas ST Bhinneka menampilkan Tari Ritual Perumah Begu, Sanggar Tari UNPRI Creative (Tari Batak Toba), UKM Tari UMBP (Tari Terang Bulan), dan Sangtaka Prime (Tari Endeng-endeng Mandailing) yang merupakan tarian- tarian khas Sumatera Utara yang menjadi andalan serta ditutup dengan diskusi tentang pengembangan budaya seni tari dalam menarik potensi wisata. (*).


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Sofyan Tan Dorong Promosi Tarian Dilakukan dengan Konten"

Posting Komentar

Clapham Conference 2024: Empowering Future Leaders in Business and Marketing

LensaMedan - Clapham Conference 2024 siap kembali dengan upaya menginspirasi dan memberdayakan generasi pemimpin masa depan Mengusung tema &...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel