Tekan Polusi, Pemkab Deli Serdang Gelar Uji Emisi Kenderaan Bermotor

LensaMedan - Menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus berusaha menekan polusi dengan melakukan uji emisi kendaraan bermotor. Uji emisi ini berlangsung di depan Terminal Tipe B Lubuk Pakam, Kamis (11/7/2024).

Uji emisi ini juga disaksikan langsung Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM.

"Salah satunya adalah polusi yang dihasilkan kendaraan-kendaraan bermotor, seperti angkutan kota (angkot) yang baru diuji emisinya. Kendaraan ini lulus uji emisi, berarti emisi yang dikeluarkan itu masih di bawah ambang yang ditetapkan," kata Pj Bupati.

Wiriya menyarankan kepada para sopir angkutan umum melakukan servive rutin agar mesin kendaraannya tetap baik dan emisi yang dikeluarkan akan terkontrol dengan baik.

"Kita lihat ebelumnya, tadi ada beberapa kendaraan yang tidak lulus uji emisinya. Disini kami himbau untuk melakukan servis mesin secara benar, baik dan rutin, sehingga emisi yang dikeluarkan semakin baik," imbau Wiriya.

Sementara itu, Kepala DLH Deli Serdang, Elinasari Nasution SP mengatakan bahwa uji emisi kendaraan bermotor dilaksanakan untuk mengetahui tingkat baku mutu emisi setiap kendaraan yang melintas di Kabupaten Deli Serdang.

"Uji emisi ini dilaksanakan selama satu hari. Hasilnya akan jadi bahan untuk merumuskan program dan kebijakan bagi kendaraan-kendaraan bermotor di Deli Serdang," ungkapnya.

Elinasari meminta kepada para pemilik kendaraan yang tidak lulus uji emisi untuk segera melakukan uji secara berkala.

"Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Deli Serdang dan Auto 2000 Tanjung Morawa. Targetnya kita adalah kendaraan pribadi, bus, angkutan umum/angkutan kota, kendaraan barang dan truk," jelas Elinasari.

(Deli Serdang)

Belum ada Komentar untuk "Tekan Polusi, Pemkab Deli Serdang Gelar Uji Emisi Kenderaan Bermotor"

Posting Komentar

Presiden Jokowi Cek Harga di Pasar Dukuh Kupang

LensaMedan - Presiden Joko Widodo didampingi Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan ke Pasar Dukuh Kupang, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel