Awal Pekan, IHSG dan Rupiah Ditutup Beda Arah


LensaMedan - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) nyaris tidak banyak bergerak selama sesi perdagangan awal pekan ini.

Kinerja IHSG terpantau bergerak mendatar seiring dengan kinerja bursa asia yang bergerak seirama. Pelaku pasar lebih memilih wait and see jelang rilis data inflasi AS.

IHSG pada perdagangan hari ini ditutup menguat 0.56% di level 7.297,6, dimana investor asing membukukan transaksi jual bersih senilai Rp70,1 miliar.

Kinerja IHSG yang relatif stabil selama sesi perdagangan pada hari ini menurut Analis keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, juga tercermin dari kinerja sejumlah saham berkapitalisasi besar seperti BMRI, BBNI, TLKM, BBCA, ADRO yang juga relatif stabil cenderung naik.

"Minimnya agenda ekonomi pada hari ini tidak banyak memberikan perubahan bagi pasar saham di Asia," kata Gunawan di Medan, Senin (12/8/2024).

Sementara itu, mata uang Rupiah ditransaksikan melemah pada perdagangan hari ini.

Imbal hasil US Treasury yang bergerak mendatar, USD Index yang juga bergerak dalam rentang terbatas (103 – 103.5) tidak banyak memberikan amunisi bagi Rupiah untuk menguat tehadap Dolar AS.

Rupiah sendiri ditutup melemah di level 15.950 per Dolar AS. Dolar juga terpantau sedikit menguat terhadap mayoritas mata uang di Asia pada penutupan perdagangan awal pekan ini.

Pelaku pasar menurut pria berkaca mata ini justru mengkhawatirkan sejumlah indikator keuangan AS di akhir pekan nanti yang berpeluang mendorong penguatan Dolar.

Sejauh ini sentimen yang berkembang masih dalam konteks dimana mayoritas pelaku pasar berkeyakinan akan ada pemangkasan bunga acuan dalam waktu dekat nanti.

"Dan semuanya bisa saja berubah manakala data inflasi AS justru berkinerja sebaliknya," terangnya.

Hal yang berbeda terjadi pada harga emas yang menguat terbatas di awal pekan seiring dengan sikap pelaku pasar yang menanti bagaimana rilis data inflasi AS nantinya.

Harga emas ditransaksikan naik dikisaran US$2.442 er ons troy atau sekitar Rp1,25 juta per gramnya.  (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Awal Pekan, IHSG dan Rupiah Ditutup Beda Arah"

Posting Komentar

Hinca Panjaitan Pimpin Tim Pemenangan Bobby -Surya

LensaMedan- Bakal Calon Gubernur Sumut Bobby Nasution-Surya telah memutuskan dan mendaulat Hinca Panjaitan sebagai Ketua Tim Pemenangan.  Ha...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel