Bursa di Asia Kembali Alami Tekanan Jual, IHSG Berpeluang Bergerak Sideways

LensaMedan - Mayoritas bursa di Asia pada perdagangan pagi ini kembali dilanda aksi jual. Setelah tekanan pasar sempat mereda pada perdagangan sehari sebelumnya, bursa di Asia pada perdagangan hari ini kembali ditransaksikan di zona merah. 

Analis keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, sejauh ini koreksi yang terjadi memang masih dalam penurunan yang terbatas, namun pasar keuangan masih berpotensi bergerak volatile ditengah minimnya agenda ekonomi pada hari ini.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi pembukaan perdagangan pagi ini dibuka sideways dengan kecenderungan menguat di level 7.212. 

Jika merunut kepada kinerja mayoritas bursa di Asia yang juga bergerak sideways di teritori negative, maka IHSG berpeluang bergerak seirama dalam rentang 7.170 hingga 7.230. 

“Satu satunya agenda ekonomi yang berpeluang menjadi penggerak pasar di tanah air adalah data kepercayaan konsumen. Data tersebut akan sangat mempengaruhi pergerakan pasar, ditengah memburuknya kondisi pasar keuangan global,” ujar Gunawan di Medan, Kamis (8/8/2024). 

Berbeda dengan IHSG, mata uang Rupiah dikatakannya secara meyakinkan melanjutkan tren penguatan pada perdagangan pagi ini. 

Rupiah dibuka menguat di level 16.010 per US Dolar, dengan potensi menguat di bawah 16.000 cukup terbuka. Dan pada hari ini diperkirakan akan bergerak dalam rentang 15.970 hingga 16.030 per Dolarnya.

“Rupiah sangat diuntungkan saat data tingkat pengangguran AS naik di akhir pekan. Spekulasi pemangkasan bunga acuan The FED kian dekat, yang bisa membuat Dolar AS tertekan,” sebutnya. 

Sementara itu, harga emas kembali menguat di level US$2.387 per ons troy. Untuk sementara harga emas akan berkonsolidasi dikisaran harga US$2.400, hingga ada sentimen fundamental yang menggerakkannya. (*)


(Medan) 

Belum ada Komentar untuk "Bursa di Asia Kembali Alami Tekanan Jual, IHSG Berpeluang Bergerak Sideways"

Posting Komentar

Hinca Panjaitan Pimpin Tim Pemenangan Bobby -Surya

LensaMedan- Bakal Calon Gubernur Sumut Bobby Nasution-Surya telah memutuskan dan mendaulat Hinca Panjaitan sebagai Ketua Tim Pemenangan.  Ha...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel