Bursa Saham di Asia Dilanda Aksi Jual, IHSG Dibuka Melemah


LensaMedan - Data manufaktur AS yang dirilis pada perdagangan kemarin sangat mengecewakan. Data ISM manufaktur AS turun ke level 46.8 pada bulan Juli yang menunjukan bahwa sektor manufaktur AS tengah mengalami kontraksi. Sama halnya dengan data yang dirilis China yang menunjukan sektor manufakturnya juga mengalami kontraksi.

Data tersebut telah memicu terjadinya tekanan jual pada banyak bursa di Asia pada pagi ini. Menyusul tekanan jual yang terjadi pada bursa di AS sebelumnya. 

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi pembukaan perdagangan dibuka melemah di level 7.304.

Mengingat begitu besarnya tekanan yang terjadi pada bursa di Asia hari ini, IHSG disebutkan Analis keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin berpeluang untuk ditransaksikan dalam rentang 7.230 hingga 7.310.

Bursa Nikkei Jepang terpantau mengalami koreksi hingga mencapai 4% lebih, KOSPI anjlok 2.5% lebih, Hang Seng anjlok 1.5% lebih dan banyak lagi bursa yang lainnya mengalami koreksi. Terpuruknya kinerja bursa di Asia dan AS, tidak terlepas dari memburuknya kinerja ekonomi global dipicu oleh memburuknya sektor manufkatur AS dan China.

“Dan Indonesia juga mengalami kontraksi pada manufakturnya yang dirilis di pekan ini,” kata Gunawan di Medan, Jumat (2/8/2024). 

Sementara itu, kata Gunawan, pada perdagangan pagi ini, imbal hasil US Treasury anjlok di bawah 4%, yang menjadi kabar buruk bagi kinerja Dolar AS. 

Namun, untuk kinerja mata uang Rupiah pada perdagangan pagi ini terpantau masih mengalami tekanan di level 16.275 per Dolar AS.

Rupiah berpeluang ditransaksikan dalam rentang 16.250 hingga 16.280 per Dolarnya. 

“Di sisi lain, harga emas terpantau begerak stabil dengan kecenderungan menguat dikisaran level $2.449 per ons,” pungkasnya. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Bursa Saham di Asia Dilanda Aksi Jual, IHSG Dibuka Melemah"

Posting Komentar

Clapham Conference 2024: Empowering Future Leaders in Business and Marketing

LensaMedan - Clapham Conference 2024 siap kembali dengan upaya menginspirasi dan memberdayakan generasi pemimpin masa depan Mengusung tema &...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel