IHSG dan Rupah Menguat Saat Demo Mereda


LensaMedan - Mata uang Rupiah yang pada sesi perdagangan pagi sempat mengalami pelemahan, berbalik arah dan mampu menekan Dolar AS selama sesi perdagangan.

Analis keuangan Sumatra Utara (Sumu), Gunawan Benjamin, mengatakan, pelaku pasar yang pada sesi perdagangan pagi sempat berhati-hati akan kemungkinan adanya aksi demo lanjutan, nyatanya mulai merasa nyaman dan mendorong Rupiah ditutup menguat di level 15.485 per dolarnya.

Mata uang Rupiah pada perdagangan hari ini bergerak dalam rentang yang cukup lebar, setelah sempat melemah hingga ke level 15.655, mata uang Rupiah berbalik menguat dan sempat menyentuh 15.420 per dolar AS.

Sementara sejumlah mata uang di Asia bergerak variatif terhadap mata uang US Dolar. Rupiah kembali menjadi yang paling perkasa di Asia pada akhir pekan ini.

"Pelaku pasar sepertinya sudah tidak lagi begitu mengkuatirkan kondisi politik di tanah air. Meski demikian, pasar keuangan secara keseluruhan masih dibayangi aksi demonstrasi di sejumlah wilayah," kata Gunawan di Medan, Jumat (23/8/2024).

Di sisi lain, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0.74% di level 7.544,30.

Dan jika merunut pada kinerja 10 saham terbesar yang paling aktif dari sisi berkapitalisasi serta frekuensi, terpantau mayoritas emiten mengalami penguatan. Bahkan tidak ada yang terkoreksi.

"Saham saham besar seperti BMRI dan BBCA yang harga sahamnya terpantau ditutup sama dengan sebelumnya. Sementara 8 saham besar lainnya seperti TLKM, BBRI, BBNI hingga ASII terpantau mengalami penguatan," sebutnya.

Sementara itu, harga emas dunia pada perdagangan sore ditransaksikan membaik di level US$2.497 per ons troy nya, atau sekitar Rp1,25 juta per gram nya. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "IHSG dan Rupah Menguat Saat Demo Mereda"

Posting Komentar

Clapham Conference 2024: Empowering Future Leaders in Business and Marketing

LensaMedan - Clapham Conference 2024 siap kembali dengan upaya menginspirasi dan memberdayakan generasi pemimpin masa depan Mengusung tema &...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel