IHSG dan Rupiah Konsisten Menguat


LensaMedan - Grup saham BUMN seperti BMRI, BBRI, dan BBNI menjadi katalis utama penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Rabu (14/8/2024).

Selanjutnya ada saham WIKA (wijaya karya) yang melanjutkan penguatan sebesar 18%. BRPT, ASII dan TLKM juga turut menguat yang membuat IHSG ditutup naik 1.08% di level 7.436,04.

Analis  keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, membaiknya IHSG juga seirama dengan bursa di Asia lainnya.

"Kecuali bursa dari China seperti Shenzhen, Hangseng Dan Shanghai yang ditutup melemah pada hari ini" ujar Gunawan di Medan.

Selain dinaungi kabar positif dari bursa di kawasan Asia, penguatan mata uang Rupiah yang cukup signifikan disebutkan Gunawan juga menjadi katalis bagi penguatan IHSG.

Mata uang Rupiah ditutup menguat 15.675 per Dolar AS. Rupiah kembali menjadi mata uang yang membukukan penguatan terbesar.

Dolar AS sendiri bergerak beragam dengan sejumlah mata uang di Asia.

Bahkan Dolar AS menguat sekitar 1% terhadap mata uang NZD (New Zealand Dollar), setelah kebijakan Bank Sentral New Zealand memangkas besaran bunga acuannya sebanyak 25 basis poin.

"Tren penguatan Rupiah belakangan ini menunjukan Rupiah kerap bergerak anomaly dibvandingkan mata uang asia lainnya," katanya.

Di sisi lain, harga emas dunia ditransaksikan menguat di level US$2.474 pada perdagangan hari ini. Namun penguatan harga emas tersebut justru diimbangi dengan penguatan tajam terhadap mata uang Rupiah.

Sehingga harga emas nyaris tidak berubah dikisaran Rp1,25 juta per gram sejauh ini.

Kinerja Rupiah yang menguat menjadi pemicu kinerja harga emas yang relatif stagnan. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "IHSG dan Rupiah Konsisten Menguat"

Posting Komentar

Presiden Jokowi Apresiasi Seluruh Pihak yang Sukseskan Jalannya PON XXI Aceh-Sumut

LensaMedan - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), diwakili Menteri Koordinasi (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebud...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel