Jelang Keputusan BI Rate, IHSG Dibuka Menguat Tapi Rupiah Melemah


LensaMedan - Pelaku pasar kembali akan mewaspadai potensi koreksi yang akan terjadi pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), mengingat, mayoritas kinerja bursa di Asia diperdagangkan di zona merah di sesi pembukaan perdagangan. 

Meskipun koreksi yang terjadi masih dalam rentang pelemahan yang terbatas, namun untuk IHSG kinerjanya berpeluang terkoreksi lebih dalam seiring dengan penguatan IHSG sebelumnya.

Pada sesi pembukaan perdagangan pagi ini, IHSG dibuka menguat di level 7.563. IHSG diproyeksikan akan bergerak dalam rentang 7.500 hingga 7.570. 

“Secara teknikal, IHSG memang berpeluang dilanda aksi jual, seiring dengan kinerja IHSG yang relatif lebih baik dibandingkan dengan banyak bursa di Asia lainnya,” ujar Analis keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, di Medan, (Rabu (21/8/2024). 

Sementara itu pada perdagangan pagi ini, Rupiah terpantau mengalami pelemahan di level 15.445 per Dolar AS. Pelemahan Rupiah ini berpeluang menjadi beban bagi kinerja IHSG yang sejauh ini masih menguat

Gunawan mengatakan, mata uang rupiah diproyeksikan akan bergerak stabil dalam rentang 15.400 hingga 15.470 per Dolar AS. Pergerakan Rupiah akan menanti bagaimana Bank Indonesia (BI) menetapkan bunga acuannya pada hari ini.

BI diproyeksikan akan tetap mempertahankan besaran bunga acuan, sekalipun tren perkembangan bunga acuan global dalam tren penurunan belakangan ini. 

“Selama tidak ada pemangkasan, rupiah berpeluang untuk menguat kembali,” katanya.

Di sisi lain, harga emas ditransaksikan dikisaran US$2.520 per ons troy nya, masih relatif stabil dibandingkan dengan pergerakan sehari sebelumnya. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Jelang Keputusan BI Rate, IHSG Dibuka Menguat Tapi Rupiah Melemah"

Posting Komentar

Lakukan Monev di Rutan Kelas I Medan, Sesitjen Berikan Apresiasi

LensaMedan - Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM melakukan Monitoring Rencana Aksi Percepatan Perjanjian Kinerja Kemenkumham yait...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel