Juli Deflasi 0,82%, Kepala BPS Sumut: Pertama Kali Inflasi YoY Dibawah Inflasi Nasional

LensaMedan - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatra Utara (Sumut) mencatat di bulan Juli 2024, Sumut mengalami deflasi yang cukup dalam yakni sebesar 0,82%.

Deflasi yang didorong penurunan sejumlah komoditi seperti cabai merah dan bawang merah ini menurut Kepala BPS Sumut, Asim Saputra mendorong inflasi tahunan atau year on year (yoy) terkoreksi cukup besar, hingga menempatkan inflasi yoy Sumut untuk pertama kali berada dibawah rata-rata inflasi nasional.

"Inflasi yoy kita itu sebesar 2,06% dengan  Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 105,87. Sementara inflasi yoy nasional tercatat sebesar 2,13%," ujar Asim saat memaparkan Berita Resmi Statistik, Kamis (1/8/2024).

Dari 8 kota/kabupaten IHK di Sumut, kata Asim, inflasi yoy tertinggi terjadi di Kota Padangsidimpuan sebesar 2,80% dan terendah terjadi di Kabupaten Labuhanbatu sebesar 1,22%.

Sementara untuk Kota Medan inflasi yoy sebesar 2,39%, Gunungsitoli inflasi 1,86%, Pematangsiantar inflasi 2,37%, Sibolga inflasi 2,70%.

"Kemudian untuk Kabupaten Karo inflasi yoy tercatat sebesar 2,26%, dan Kabupaten Deliserdang inflasi yoy sebesar 1,37%," kata Asim.

Jika dilihat lebih rinci lanjut Asim, inflasi y-on-y terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya
indeks sebagian besar kelompok pengeluaran.

Yaitu kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 3,63%; kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 2,44%; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,46%.

Kemudian kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,75%; kelompok kesehatan sebesar 1,47%; kelompok transportasi sebesar 0,43%; kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 0,87%.

Kelompok pendidikan sebesar 1,64%; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 1,24%; dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 4,91%.

"Sementara kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan deflasi sebesar 0,08%," tambah Asim yang baru sebulan menjabat Kepala BPS Sumut ini.

Asim berharap, konsolidasi dan koordinasi dibawah Pj Gubernur Sumut terutama di kota/kabupaten IHK bisa terjaga.

"Sehinggga pengendalian inflasi bisa terus terjaga," pungkasnya. (*)

(Medan)
 

Belum ada Komentar untuk "Juli Deflasi 0,82%, Kepala BPS Sumut: Pertama Kali Inflasi YoY Dibawah Inflasi Nasional"

Posting Komentar

Clapham Conference 2024: Empowering Future Leaders in Business and Marketing

LensaMedan - Clapham Conference 2024 siap kembali dengan upaya menginspirasi dan memberdayakan generasi pemimpin masa depan Mengusung tema &...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel