Lembaga Pengabdian USU Gelar Digitalisasi Trauma Healing di Wilayah Resiko Bencana

LensaMedan - Para peserta kegiatan pengabdian masyarakat di SMP Negeri 1 Naman Teran, Desa Kutarayat, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terlihat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digitalisasi Trauma Healing (Dimah) di Wilayah Risiko Bencana yang digelar Lembaga Pengabdian kepada masyarakat Universitas Sumatera Utara (USU).

Dimah (Digitalisasi Trauma Healing) adalah aplikasi yang komprehensif dan user-friendly, dirancang untuk membantu pengguna dalam proses pemulihan dari trauma psikologis. Aplikasi ini menawarkan berbagai alat dan sumber daya yang dapat membantu pengguna mengelola stres, kecemasan, dan emosi negatif yang terkait dengan trauma, khususnya trauma yang dialami pengguna akibat bencana.

Ketua Tim aplikasi Dimah, Dhani Syahputra Bukit, SKM., MKM., mengatakan bahwa tim yang terlibat dalam penyusunan dan pembuatan aplikasi ini terdiri dari Pauzi Ibrahim Nainggolan, S.Komp., M.Sc., Lanova Dwi Arde, SKM., MKM dan Ismil Khairi Lubis, SKM., MPH. Pembuatan aplikasi inovatif ini diharapkan dapat membantu masyarakat terdampak bencana dalam proses pemulihan trauma secara efektif dan mudah diakses.

“Aplikasi dimah ini menyediakan informasi dan sumberdaya yang diperlukan masyarakat dalam proses trauma healing baik untuk melakukan konsultasi hingga pembuatan resep obat yang bisa dilakukan kapan saja secara daring," kata Dhani dalam keterangannya, Kamis (22/08/2024).

Sementara, dalam kata sambutannya, Olgi Gerieska, M.Pd sebagai perwakilan sekolah SMP Negeri 1 Naman Teran menyampaikan bahwa adanya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para peserta pengabdian masyarakat

"Karena memang pada dasarnya kami ini butuh pemahaman tentang cara mengatasi trauma akibat bencana, terlebih lagi kami tinggal di daerah berisiko bencana. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu kami terkait hal tersebut," pungkasnya.

(Karo)

Belum ada Komentar untuk "Lembaga Pengabdian USU Gelar Digitalisasi Trauma Healing di Wilayah Resiko Bencana"

Posting Komentar

Clapham Conference 2024: Empowering Future Leaders in Business and Marketing

LensaMedan - Clapham Conference 2024 siap kembali dengan upaya menginspirasi dan memberdayakan generasi pemimpin masa depan Mengusung tema &...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel