Medan Digifestival, Upaya BI Sumut Tingkatkan Penerimaan Instrumen Pembayaran Digital di Masyarakat


LensaMedan - Medan Digifestival yang digelar Bank Indonesia (BI)  Kantor Perwakilan Sumatra Utara (Sumut) diharapkan menjadi ajang dan sarana untuk meningkatkan akseptansi intrumen pembayaran digital  kepada masyarakat luas dan sekaligus kampanye pelindungan konsumen.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan upaya edukasi terkait pemanfaatan kemajuan digital untuk hal hal positif dan menghindari berbagai tindak pidana di dunia digital.

"Termasuk maraknya isu judi online yang menjadi perhatian bagi seluruh stakeholder di Indonesia, termasuk Bank Indonesia," ujar Kepala BI Sumut, IGP Wira Kusuma saat membuka Medan Digifestival yang digelar di Gedung Pancasila Universitas Sumatera Utara (USU), Jumat (16/8/2024).

Wira menyebutkan, Medan Digifestival merupakan rangkaian dari kegiatan Pekan QRIS Nasional, bertemakan “Pakai QRIS Untuk Indonesia Maju”.

"Tema ini menjadi semangat dan dorongan penggunaan instrumen pembayaran digital untuk mendukung kemudahan transaksi bagi masyarakat yang dapat berdampak positif bagi perekonomian," sebutnya di acara yang dihadiri Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni dan juga Rektor USU Profesor Muryanto Amin.

Medan Digifestival yang berlangsung 16-18 Agustus 2024 ini diisi dengan berbagai kegiatan, meliputi talkshow perkembangan keuangan digital dan kampanye pelindungan konsumen dengan menghadirkan berbagai narasumber.

Mulai dari regulator (BI, OJK), Penegak Hukum, Penyedia Jasa Pembayaran, dan juga pengguna layanan keuangan digital
(public figure) sehingga diharapkan dapat memberikan berbagai pemahaman dari beberapa perspektif terkait keuangan digital.

Selain itu terdapat pameran produk layanan penyelenggara jasa
pembayaran & industri jasa keuangan, bazar produk UMKM dan kerajinan, berbagai jenis hiburan, funwalk serta berbagai aktivitas perlombaan.

"Sebagai suatu ajeng kampanye serta edukasi ekonomi dan keuangan digital, substansi dalam Medan Digifestival ini tentu akan terus dilanjutkan secara kontinu dan konsisten melalui berbagai kegiatan edukasi dan literasi untuk dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas dengan tetap mengedepankan kolaborasi dan sinergi dengan seluruh stakeholder terkait," tutup Wira. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Medan Digifestival, Upaya BI Sumut Tingkatkan Penerimaan Instrumen Pembayaran Digital di Masyarakat "

Posting Komentar

Solid Menangkan Bobby Nasution-Surya, DPC Gerindra Medan Gelar Deklarasi

LensaMedan - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Medan menggelar deklarasi memenangkan Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur S...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel