Minim Sentimen, IHSG dan Rupiah Dibuka Menguat


 LensaMedan – Pelaku pasar pada perdagangan hari ini menantikan data inflasi produsen AS atau PPI. 

Data yang merupakan satu-satunya agenda ekonomi yang dinanti tersebut menurut Analis keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, bisa merubah arah pergerakan pasar ditengah minimnya agenda ekonomi. 

Pada perdagangan pagi ini, sejumlah bursa di Asia masih bergerak sideways meskipun  mayoritas berada di zona hijau.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi pembukaan perdagangan dibuka menguat di level 7.316. 

“Karena itu, pada perdagangan hari ini, IHSG diproyeksikan bergerak dalam rentang 7.270 hingga 7.330,” ujarnya di Medan, Selasa (13/8/2024). 

Sementara itu, mata uang Rupiah pada sesi pembukaan perdagangan pagi ini ditransaksikan menguat di level 15.925 per Dolar AS. 

Mata uang Rupiah menguat ditengah memburuknya sjeumlah indikator keuangan AS, seperti imbal hasil US Treasury 10 tahun yang turun ke level 3.9%.

Kinerja US Dolar Indeks yang berada di level 103,14 sejauh ini dikatakan Gunawan memberikan keuntungan bagi Rupiah untuk menguat. 

Akan tetapi penguatan Rupiah tidak sejalan dengan sejumlah mata uang di Asia lainnya. Seperti Yuan Chia, Singapura Dolar, Hongkong Dolar, India Rupee yang justru melemah terhadap Dolar.

Rupiah pada perdagangan hari ini berpeluang untuk berada di zona hijau hingga sesi penutupan perdagangan, dan berpeluang bergerak dalam rentang 15.900 hingga 15.960 per Dolar nya. 

“Penguatan Rupiah juga akan menjadi katalis positif bagi IHSG untuk ditransaksikan di zona hijau,” kata pria berkaca mata ini. 

Di sisi lain, harga emas dunia pada pagi ini ditransaksikan lebih tinggi dibandingkan harga kemarin sore. Harga emas saat ini ditransaksikan di level US$2.466 per ons troy nya. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Minim Sentimen, IHSG dan Rupiah Dibuka Menguat "

Posting Komentar

Hinca Panjaitan Pimpin Tim Pemenangan Bobby -Surya

LensaMedan- Bakal Calon Gubernur Sumut Bobby Nasution-Surya telah memutuskan dan mendaulat Hinca Panjaitan sebagai Ketua Tim Pemenangan.  Ha...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel