Pasar Nantikan Data Inflasi di Pekan Ini, IHSG dan Rupiah Dibuka Melemah Tipis


LensaMedan - Dalam sepekan pasar keuangan akan banyak disibukkan dengan agenda penting yang akan menentukan pergerakan pasar selanjutnya. 

Dimulai pada hari Selasa dimana akan ada rilis inflasi produsen AS atau PPI pada bulan Juli, yang diproyeksikan akan bergerak melandai dibandingkan dengan bulan Juni. 

Dan pada hari Rabu, Amerika Serikat (AS) akan merilis data inflasi inti dan inflasi pada umumnya yang diproyeksikan juga akan bergerak melandai dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Data-data tersebut menurut Analis keuangan Sumatra Utara ((Sumut), Gunawan Benjamin, akan menjadi penentu bagaimana kinerja Rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kedepan. 

Jika inflasi mengalami penurunan, maka ekspektasi pemangkasan bunga acuan kembali mencuat, dan tentunya akan menjadi kabar baik bagi mata uang Rupiah. 

Besar kemungkinan Rupiah akan kian jauh menekan Dolar AS menuju level 15.900 nantinya. Namun, tekanan Rupiah akan kembali mencuat apabila justru inflasi bergerak naik.

“Dan pada sesi pembukaan perdagangan pagi ini, mata uang rupiah ditransaksikan melemah tipis di level 15.945 per Dolar AS. Kinerja Rupiah mengalami tekanan di sesi pembukaan perdagangan seiring dengan penguatan  Dolar AS  terhadap sejumlah mata uang di Asia,” ujar Gunawan di Medan, Senin (12/8/2024).

Sementara itu, IHSG terpantau bergerak sideways di sesi perdagangan pagi ini. IHSG berada dikisaran 7.260 dengan kecenderungan turun, diantara banyak bursa Asia lainnya yang juga bergerak melandai. 

Pelaku pasar dinilai Gunawan akan lebih berhati hati melakukan keputusan investasi di pekan ini jelang rilis data inflasi AS. Kekhawatiran pasar adalah jika kinerja inflasi AS nantinya diluar ekspektasi pasar.

Pasar keuangan masih berpeluang bergerak dalam volatilitas tingg di pekan ini. Setelah rilsi data inflasi AS, pelaku pasar juga akan dihadapkan oleh rilis data neraca dagang di tanah air serta data ketenaga kerjaan AS di akhir pekan. 

“Dan semua data tersebut mengarahkan pada kemungkinan yang tak terduga, sehingga pasr akan lebih beriskap waspada dan cenderung wait and see,” terangnya. (*)


(Medan)


Belum ada Komentar untuk "Pasar Nantikan Data Inflasi di Pekan Ini, IHSG dan Rupiah Dibuka Melemah Tipis"

Posting Komentar

Tri Beri Layanan Khusus bagi Pecinta E-Sport di PON XXI Aceh-Sumut

LensaMedan – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui brand Tri, melanjutkan komitmennya mendukung  E-sport tanah air dengan tu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel