Pelaku Ekonomi Kreatif Harus Mampu Bertahan

 


LensaMedan – Tahun 2025 akan menjadi tahun yang berat bagi Indonesia karena beban utang yang sudah jatuh tempo membengkak Rp800 triliun lebih yang harus dibayar setiap tahun.

Hal ini dikatakan Anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan, saat memberikan sambutan dan membuka acara Bimtek Keterampilan Public Speaking dalam Meningkatkan Produk Ekonomi Kreatif di Medan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) di Hotel Le Polonia, Jalan Jend Sudirman, Medan, Minggu (18/8/2024).

“Jika utang sudah membengkak biasa diikuti dengan kenaikan pajak dan kenaikan harga. Ke depan akan menjadi tahun yang berat,“ kata Politisi PDI Perjuangan itu.

Mengutip data dari Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, utang jatuh tempo pada 2025 menjadi Rp 800,33 triliun.

Jumlah tersebut membengkak dibanding 2024 yakni Rp 434 triliun. Lalu pada 2026, utang jatuh tempo masih besar, yakni Rp 803,19 triliun, dan pada 2027 utang jatuh tempo masih tinggi, yakni Rp 802,61 triliun.

Sofyan Tan berharap para pelaku ekonomi kreatif dapat bertahan dan lebih giat dalam mengembangkan usahanya.

Agar faktor ikutan dari hutang yang membengkak seperti kenaikan pajak dan harga tidak terlalu berdampak ke pelaku ekonomi kreatif.

Untuk itu dia mendukung banyak kegiatan bimtek dari kemenparekraf yang digelar di Medan, Sumatera Utara sepanjang 2024.

Agar para pelaku ekonomi kreatif bertambah ilmu dan pengalamannya dalam meningkatkan kualitas pemasaran dalam menarik minat orang untuk tertarik.

Seperti yang dilakukan saat ini bimtek public speaking dalam meningkatkan produk ekonomi kreatif sangat penting dalam menaikkan kualitas pemasaran.

Karena public speaking menjadi faktor utama dalam meyakinkan orang untuk membeli atau memakai jasa yang ditawarkan.

“Dengan public speaking kita dilatih untuk percaya diri, menguasai produk, dan disampaikan dengan gesture tubuh menarik,” ujarnya.

Sofyan Tan pun memberikan contoh public speaking dalam memasarkan suatu produk makanan yang membuat orang tertarik.

Dia menjelaskan tentang sop kambing terenak di Indonesia ada di Medan di pinggiran jalan. Sopnya tidak bau dan dagingnya lembut, kuahnya kental dicampur wortel yang sudah dihancurkan hingga terasa manis.

“Setelah saya sampaikan, Pak Franc langsung searching di google dan bilang, Sop Kambing Kumango ya?,” ujarnya.

Itulah menurutnya pentingnya public speaking dalam menawarkan produk ekonomi kreatif.

Selain disampaikan dengan penuh percaya diri, harus tau detail rasa dari produknya, serta lakukan eye contact dan eye catching.

Sehingga membuat orang penasaran untuk mencari tahu dan mencicipinya.

Pada kesempatan yang sama, Inspektur II Inspektorat Kemenparekraf, Franc Orlando, mengatakan, public speaking merupakan keterampilan yang penting dalam dunia pariwisata dan ekonomi kreatif.

Karena kemampuan komunikasi adalah kunci dalam menarik minat wisatawan untuk datang.

Franc menyebutkan dalam public speaking yang dipelajari adalah bagaimana teknis berbicara efektif, menyusun pesan yang kuat dengan gaya yang menarik.

Dia berharap dengan public speaking dapat memperluas jangkauan pasar dan ciptakan iklim positif destinasi wisata dan ekonomi kreatif.

Kemenparekraf menurutnya akan terus berkomitmen dalam mendukung dan memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif yang unggul dan berdaya saing.

“Aktiflah dalam berdiskusi, agar ilmu yang didapatkan dapat diimplementasikan,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan,  Ketua Tim Norma Standar Prosedur dan Kriteria Budiyanti, Sekretaris Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Vianti Dewi Nasution S.Sos, narasumber Muchlis Anwar serta peserta yang hadir dari pelaku industri ekonomi kreatif di Sumut.  (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Pelaku Ekonomi Kreatif Harus Mampu Bertahan"

Posting Komentar

MMA Bersinar di PON XXI, Harapan Baru untuk Olahraga Bela Diri Indonesia

LensaMedan - Ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi saksi bisu perkembangan pesat olahraga Mixed Martial Arts (MMA)...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel