Pendaftaran Cakada Dimulai, IHSG dan Rupiah Menguat


LensaMedan - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak menguat setelah sempat melemah di sesi awal pembukaan.

Hal yang sama juga ditunjukan oleh mata uang Rupiah, setelah sempat melemah di awal pembukaan hingga menyentuh 15.520 per Dolar AS. Mata uang Rupiah langsung berbalik arah dan ditutup menguat di level 15.420 per Dolarnya.

Sementara itu, mayoritas bursa di Asia juga ditutup di zona hijau, sementara mayoritas mata uang di Asia banyak yang menguat terhadap Dolar AS.

Analis keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, penguatan mata uang Rupiah menjadi katalis positif bagi IHSG yang sempat bergerak mendatar di awal sesi pembukaan perdagangan.

IHSG pada perdagangan hari ini ditutup menguat 0,8% di level 7.658,88 dimana investor asing membukukan transaksi jual Rp507 miliar.

"Dan sejumlah saham yang menjadi penopang utama penguatan IHSG diantaranya adalah CUAN, BRPT, PANI, BREN BBCA, BMRI, BREN, dan BRPT," ujar Gunawan di Medan, Rabu (28/8/2024).

Penguatan pasar keuangan di tanah air pada hari ini sebenarnya menurut Gunawan tidak ditopang oleh rilis agenda ekonomi besar.

Kinerja IHSG dan Rupiah juga tidak sebaik kinerja bursa di Asia kebanyakan.

Untuk IHSG, kinerjanya masih tersalip oleh bursa di Malaysia dan Taiwan. Dan untuk mata uang Rupiah kinerjanya menjadi yang terbaik diantara mata uang Asia lainnya.

"Dan memang pada hari ini memasuki hari pertama pendaftaran calon kepala daerah, sejauh ini kondisinya kondusif, dan memang bisa saja membuat investor merasa nyaman untuk masuk ke pasar keuangan di tanah air," terangnya.

Sementara itu, harga emas dunia terpantau melemah di level US$2.510 per ons troy nya. Harga emas relatif tidak banyak berubah pada perdagangan hari ini.

Jika dirupiahkan harga emas saat ini ditransakskan dikisaran harga Rp1,245 juta per gramnya. (*)

(Medan)


Belum ada Komentar untuk "Pendaftaran Cakada Dimulai, IHSG dan Rupiah Menguat "

Posting Komentar

Tri Beri Layanan Khusus bagi Pecinta E-Sport di PON XXI Aceh-Sumut

LensaMedan – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui brand Tri, melanjutkan komitmennya mendukung  E-sport tanah air dengan tu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel