Penyandang Disabilitas Mitra KSI Ikuti Pelatihan Digital

LensaMedan - Sebanyak 30 penyandang disabilitas mengikuti pelatihan digital bertujuan meningkatkan kompetensi sebagai bekal memasuki dunia kerja yang digelar PT XL Axiata (Tbk) melalui XL Axiata Peduli di Rumah Difabel Sharaswaty, Medan Selasa-Rabu (6-7/8/2024).

Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi mengatakan, pihaknya berkomitmen menjalankan berbagai program yang sejalan prinsip SDG’s (Sustainable Development Goals). 

Program ini memberikan dukungan kesiapan kerja inklusif bagi penyandang disabilitas sesuai prinsip XL Axiata, yaitu mendukung prinsip keberagaman, kesetaraan, dan inklusivitas (Diversity, Equity, Inclusivity/DEI).

"Harapannya, setelah mengikuti pelatihan peserta memiliki rasa percaya diri lebih meningkat, sehingga dapat meraih kesempatan setara dalam dunia kerja," ujarnya saat pembukaan pelatihan yang dihadiri Head Direct Channel XL Axiata Region West, Nadra Dwiyana, Selasa (6/7/2024).

Desy menambahkan, era digital menjadi tantangan bagi masyarakat Indonesia yang baru masuk kategori angkatan kerja, terutama yang akan memasuki dunia kerja. 

Tak hanya penyandang disabilitas, katanya, Angkatan kerja non-disabilitas saja perlu memiliki pembekalan siap kerja memadai untuk bersaing memenuhi kebutuhan dunia kerja. 

Pelatihan kompetensi digital dan siap kerja ini disesuaikan dengan kurikulum yang menjadi kebutuhan. Para peserta diajarkan meningkatkan keterampilan digital dan memanfaatkan sarana digital, khususnya dalam dunia kerja. 

Materi literasi digital yang diberikan antara lain asesmen potensi diri dengan graphology, digital workspace, dokumentasi audio visual, publikasi digital di media sosial serta pembekalan ruang kerja inklusif.

Peserta disabilitas yang mengikuti rangkaian program ini, sambungnya, memperoleh kesempatan magang enam minggu di kantor XL Axiata di empat kota yaitu Medan, Surabaya, Bandung dan Jakarta dengan lingkungan kerja yang inklusif bagi penyandang disabilitas.

Khusus di Medan, kembali memberi kesempatan disabilitas untuk magang di kantor XL Medan, yang sebelumnya juga menerima lima disabilitas di antaranya teman tuli, disabilitas netra, dan disabilitas daksa.

Di kesempatan sama, Founder KSI, Dewi Natadiningrat, menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap XL Axiata yang telah melaksanakan pelatihan digital bagi kaum disabilitas.

"Tentunya kami berterima kasih dan mengapresiasi pelatihan ini, sebab dengan ilmu yang didapat bisa memacu semangat dan kreativitas anak-anak," sebutnya.

Bahkan, sambung Dewi, para peserta pelatihan bakal mendapat kesempatan magang bekerja di kantor XL. 

"Tentunya ini berkah dan memberikan wawasan baru bagi teman-teman disabilitas," tuturnya.

Dikatakannya, pelatihan ini berkaitan dengan KSI dari segi eksplorasi difmandiri dan inkubasi difpreneur. 

"KSI berkecimpung dan sustain dengan peduli disabilitas sejak tahun 2020," pungkasnya. (*)



(Medan) 

Belum ada Komentar untuk "Penyandang Disabilitas Mitra KSI Ikuti Pelatihan Digital "

Posting Komentar

Menjemput Keberkahan, Sahabat Boby Batu Bara Berbagi Sembako ke Anak Yatim dan Dhuafa

LensaMedan - Relawan Sahabat Bobby Batu Bara mengadakan kegiatan dengan berbagi memberi santunan kepada anak yatim piatu dan kaum Dhuafa di ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel