Tumbuh 4,95% di Triwulan II, BPS Sumut: Ditopang Gaji ke-13

LensaMedan - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara (Sumut) mencatat pertumbuhan ekonomi Provinsi Sumut di triwulan kedua tahun 2024 tumbuh sebesar 4,95% secara year on year (yoy) dan 2,94% secara quarter to quarter (qtq).

"Pertumbuhan pada tiga bulan kedua ini lebih baik dibandingkan dengan tiga bulan pertama 2024 yang saat itu tumbuh 4,88%," ujar Kepala BPS Sumut, Asim Saputra, dalam paparan Pertumbuhan Ekonomi Triwulan kedua, Senin (5/8/2024).

Asim mengatakan, nilai produksi domestik regional bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku untuk Sumut pada triwulan kedua 2024 mencapai Rp285,32 triliun.

"Ini merupakan capaian yang sangat baik sampai dengan semester pertama 2024, dengan harapan kita bisa menembus pertumbuhan pada 2024 ini pada kisaran 5%," katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Sumut terus dilakukan, salah satunya dengan mendorong beberapa sektor pertumbuhan ekonomi.

Secara q to q, pertumbuhan ekonomi Sumut sebesar 2,94% pada triwulan kedua 2024 jauh lebih baik dibandingkan dengan triwulan pertama yang justru mengalami kontraksi.

Secara kumulatif, hingga triwulan kedua 2024, ekonomi Sumatera Utara mengalami pertumbuhan sebesar 4,91%.

Pertumbuhan tertinggi pada triwulan kedua ini terjadi pada kategori administrasi pemerintahan, pertahanan, dan jaminan sosial wajib sebesar 17,64%, yang didorong oleh realisasi pembayaran tambahan gaji UGW, THR, dan gaji ke-13.

Menurut Asim, stimulus ekonomi dari gaji ke-13 dan ke-14 yang terjadi pada triwulan kedua 2024 mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih progresif.

"Dengan semakin banyaknya uang yang beredar di masyarakat dan masyarakat kembali berbelanja, konsumsi rumah tangga diharapkan menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi kita di triwulan kedua 2024," jelasnya.

Pertumbuhan tertinggi pada triwulan kedua juga tercatat pada kategori penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 9,75%, diikuti oleh kategori informasi dan komunikasi sebesar 6,71%. (*)

(Medan)
 

Belum ada Komentar untuk "Tumbuh 4,95% di Triwulan II, BPS Sumut: Ditopang Gaji ke-13"

Posting Komentar

Presiden Jokowi Cek Harga di Pasar Dukuh Kupang

LensaMedan - Presiden Joko Widodo didampingi Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan ke Pasar Dukuh Kupang, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel