Agus Fatoni Harapkan SJI 2024 Banyak Ciptakan Jurnalis Unggul


LensaMedan - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Agus Fatoni, membuka Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) 2024 diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Senin (23/9/2024).

“Untuk bisa menjadi orang yang unggul, ada empat hal yang harus dimiliki seseorang. Pintar, cerdas, kreatif, dan inovatif. Dengan ini maka marilah menjadi jurnalis, wartawan yang unggul,” kata Fatoni di acara yang berlangsung di Hotel Inna Darma Deli Medan.

Fatoni mengatakan orang pintar adalah yang mampu menguasai ilmu pengetahuan. Orang seperti ini mampu menyerap ilmu pengetahuan dan informasi lebih cepat.

Untuk menjadi orang pintar, maka perlu menambah wawasan dan ilmu dengan cara mengikuti bimbingan teknis, diklat atau mengikuti pendidikan.

Sementara orang yang cerdas adalah orang yang mampu menggunakan kepintarannya, menerapkan ilmu dan informasi ke dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk menjadi kreatif, biasanya orang seperti ini akan membuat sesuatu dengan cara yang tidak sama.

“Orang kreatif akan melakukan hal bebeda, karena biasa mereka ini adalah orang pilihan. Yang terakhir adalah inovatif, adalah orang yang selalu mempunyai tujuan, dimananpun dia bertugas maka akan meninggalkan histori dan sejarah yang baik-baik. Marilah kita menjadi jurnalis yang unggul,” ucap Fatoni.

Dalam kesempatan ini, Fatoni juga memberikan tips bagaimana cara menjadi orang sukses. Dirinya pun melanjutkan, bahwa untuk menjadi orang sukses tidak cukup hanya menjadi orang terbaik.

Orang terbaik dimaksud adalah orang yang mempunyai kelebihan intelektual dan diperhitungkan banyak orang. Namun kecerdasan intelektual saja, katanya, tidaklah cukup dan harus dibarengi dengan menjadi orang baik.

“Untuk menjadi orang baik, di dalamnya terdapat kecerdasan emosional, sosial, spiritual, dan moral. Saya yakin kalau dijalankan, ini akan suskes pada bidang kita masing-masing,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PWI, Hendri CH Bangun, menyampaikan, SJI di Sumut adalah penyelenggaraan kelima pada tahun ini.

Dia pun turut mengucapkan selamat kepada PWI Sumut yang telah menyelenggarakan SJI yang diselenggaran 23-27 September 2024.

“SJI adalah sebuah kegiatan pembelajaran yang sifatnya menyeluruh. Awalnya, pada tahun 2010 SJI dilaksanakan selama 2 minggu. Namun setelah berjalan setahun, pelaksanannya hanya seminggu. Namun pelajaran yang diberikan tetap menyeluruh dengan meningkatkan wawasan sampai pada praktek kerja,” jelas Hendri.

SJI diluncurkan di Palembang pada saat pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) dengan pamateri kuliah perdana dilakukan oleh Presiden Bambang Yudhoyono.

Hari ini, Pj Gubernur Sumut Fatoni juga menjadi pemateri kuliah perdana SJI yang diselenggarakan di Sumut.

“Manfatkaanlah kuliah perdana ini sebaik-baiknya. Harapannya nanti, kami akan mengajukan untuk 10 provinsi, sehingga dapat meningkatkan wawasan untuk para jurnalis di Indonesia,” katanya. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Agus Fatoni Harapkan SJI 2024 Banyak Ciptakan Jurnalis Unggul"

Posting Komentar

55.000 Siswa SD & SMP Terima Program BSM, Bobby Nasution: Pergunakan dengan Baik

LensaMedan - Dipergunakan dengan baik dan semoga serta bermanfaat menjadi pesan dan harapan yang disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel