Aksi Jual Selesai, IHSG Berbalik Arah dan Menguat di Awal Pekan


LensaMedan - Kinerja mata uang Rupiah pada perdagangan hari ini melemah terhadap Dolar AS dan ditransaksikan melemah dikisaran level 15.195 per dolarnya. Rupiah bergerak dalam rentang 15.100 hingga 15.205 per Dolar AS.

Pelemahan mata uang Rupiah pada dasarnya sudah terbaca dari membaiknya imbal hasil US Treasury 10 tahun ke level 3.738%. Dan Dolar AS sendiri bergerak sangat variatif terhadap mata uang di Asia.

Analis Keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, pelemahan mata uang Rupiah terjadi disaat euforia pemangkasan bunga acuan The FED memudar.

"Fokus pelaku pasar sudah kembali pada agenda ekonomi yang menjadi penggerak pasar selanjutnya. Dimana pelaku pasar saat ini tengah menanti rilis data ekonomi AS, yang sejauh ini diproyeksikan akan membaik PDB-nya," kata Gunawan di Medan, Senin (23/9/2024).

Sementara itu, kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0.42% di level 7.775,73.

IHSG mampu bangkit setelah di sesi pembukaan perdagangan melemah. Penutupan IHSG di awal pekan ini masih seirama dengan mayoritas kinerja bursa di Asia yang ditutup menguat.

Adapaun penguatan IHSG pada hari ini ditopang oleh membaiknya sejumlah saham sektor perbankan ditambah dengan penguatan emiten lain seperti PTBA, ADRO, TLKM, TPIA dan GOTO.

Dari 10 saham teraktif yang berkapitalisasi besar kata Gunawan, hanya saham AMMN yang mengalami pelemahan pada hari ini.

"Tekanan jual pada IHSG sebelumnya lebih dipicu oleh sentimen teknikal yang memanfaatkan penguatan IHSG selama ini, khususnya setelah kebijakan pemangkasan bunga acuan," sebutnya.

Di sisi lain, harga emas relatif stabil di kisaran harga US$2.621 per ons troy, atau sekitar Rp1,28 juta per gram. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Aksi Jual Selesai, IHSG Berbalik Arah dan Menguat di Awal Pekan "

Posting Komentar

Kurangi Kemacetan, Bobby-Surya Naik Bus Hadiri Pengundian Nomor Urut Pilgubsu 2024

LensaMedan- Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Bobby Nasution-Surya menggunakan bus untuk menuju lokasi pengundian nomor urut Pilgubsu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel