Awal Perdagangan di Akhir Pekan, IHSG dan Rupiah Masih Lanjut Menguat


LensaMedan - Rilis data ADP Farm Payroll atau data perubahan ketenagakerjaan diluar sektor pertanian AS kembali memburuk secara bulanan. Mekipun data initial jobless claim sedikit membaik.

Pada bulan Agutus data tersebut hanya merealisasikan angka sebanyak 99 ribu, dibandingkan dengan ekspektasi 144 ribu.

Data tersebut memberikan tekanan pada bursa saham di AS. Namun tidak memberikan dampak buruk bagi mayoritas bursa saham di Asia.

Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi perdagangan pembukaan menguat di level 7.709.

Kinerja IHSG pada perdagangan hari ini diproyeksikan akan bergerak seirama dengan mayoritas bursa saham di Asia lainnya. IHSG  berpeluang untuk bergerak dalam rentang 7.670 hingga 7.730.

"Kinerja pasar saham di Asia yang mengalami penguatan sejauh ini juga masih dalam kenaikan yang relatif terbatas," ujar Analis Keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin di Medan,  Jumat (6/9/2024).

Sementara itu, kinerja mata uang Rupiah pada perdagangan pagi ini dikatakan Gunawan menguat ke level 15.370 per Dolar AS.

Memburuknya data ekonomi di AS menjad katalis bagi penguatan Rupiah, karena sejauh ini pasar memproyeksikan bahwa The FED akan memangkas besaran bunga acuannya, bahkan diproyeksikan akan memangkas dalam angka yang signifikan.

Bila nantinya data non farm payroll yang memburuk pada hari ini juga diikuti dengan melemahnya data pengangguran AS, maka pasar setidaknya mengharapkan pemangkasan yang lebih besar dari 50 basis poin.

"Di sisi lainnya, harga emas terpantau menguat pada perdagangan hari ini sedikit membaik dibandingkan perdagangan sore kemarin di level US$2.515 per ons troy nya," pungkasnya. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Awal Perdagangan di Akhir Pekan, IHSG dan Rupiah Masih Lanjut Menguat "

Posting Komentar

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut-Pemkab Labuhanbatu Resmikan Program EMBRIO

LensaMedan - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut melalui Sales Area Retail Sibolga meresmikan Program Empower B2B Market Service Oppo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel