Cabai Merah Kembali Turun di Akhir Pekan


LensaMedan - Harga cabai merah di akhir pekan bergerak turun seiring dengan meningkatnya sisi persediaan.

Harga cabai merah ditransaksikan dalam rentang Rp25 ribu hingga Rp33 ribu per Kg di Medan dan Deliserdang, Langkat dan sekitarnya.

Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, sejumlah wilayah penyangga produksi cabai di Sumut khususnya dari Batubara mulai memasuki musim panen besar di September.

Produksi dari Batubara akan membuat permintaan cabai merah dari wilayah Riau bisa diatasi.

"Selanjutnya, produksi dari wilayah Sumut lainnya seperti Kabupaten Karo juga akan mampu menyangga konsumsi masyarakat di wilayah perkotaan," ujar Gunawan di Medan, Minggu (1/9/2024).

Untuk harga cabai rawit yang belakangan ini berfluktuasi dan masih bertahan mahal diproyeksikan juga akan bergerak turun pada bulan September.

Harga cabai rawit yang di hari ini  berada dikisaran Rp48 ribu hingga Rp55 ribu per Kg di Kota Medan dan sekitarnya, menurut Gunawan punya peluang untuk turun dikisaran Rp35 ke Rp40 ribu per Kg.

Sebab di wilayah Jawa, terjadi tren penurunan pada komoditas cabai rawit merah.

"Dan ini ada pengaruh secara tidak langsung terhadap potensi penurunan harga cabai rawit di wilayah Sumut," katanya.

Selanjutnya harga daging ayam juga terpantau stabil kecenderungan turun. Ada penurunan sekitar Rp1.000 per Kg di akhir pekan ini.

Harga daging ayam di Sumut disebutkannya sejauh ini bergerak dalam rentang 21 hingga 35 ribu per Kg.

Harga daging ayam juga masih rawan turun atau setidaknya bergerak stabil dengan kecenderungan turun di bulan September.

Penurunan harga daging ayam akan tertahan oleh kenaikan harga pakan ternak. Dimana harga pakan ternak (jagung) mengalami kenaikan dari Rp4000-an per Kg, menjadi Rp5.000-an per Kg di akhir Agustus jelang awal September.

Dan cenderung bisa mengerek kenaikan harga telur ayam kedepan. Dimana harga telur ayam belakangan ini sudah mengalami kenaikan Rp100  per butirnya.

Selain itu, harga beras berpeluang untuk bergerak dengan cenderung turun, minyak goreng juga berpotensi turun.

"Selebihnya harga komoditas pangan strategis berpeluang bergerak stabil, dengan fluktuasi harga yang terbatas," pungkasnya. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Cabai Merah Kembali Turun di Akhir Pekan "

Posting Komentar

MMA Bersinar di PON XXI, Harapan Baru untuk Olahraga Bela Diri Indonesia

LensaMedan - Ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi saksi bisu perkembangan pesat olahraga Mixed Martial Arts (MMA)...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel