Dinas Damkarmat Medan Edukasi Anak Usia Dini tentang Bahaya Kebakaran

LensaMedan - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Medan mengedukasi anak-anak usia dini terkait bahaya kebakaran dan cara penanganannya kepada puluhan anak dari TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 21. Senin (9/9/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Dinas Damkarmat, Jalan Candi Borobudur, anak-anak diajak untuk lebih memahami bahaya kebakaran melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan. Mulai dari simulasi memadamkan api, tour keliling kota menggunakan mobil pemadam kebakaran, hingga mengunjungi museum pemadam kebakaran. Anak-anak juga diberi kesempatan untuk mempraktikkan langsung cara memadamkan api menggunakan selang pemadam kebakaran.

"Kami ingin sejak dini menanamkan kesadaran pada anak-anak tentang pentingnya pencegahan kebakaran," kata Kepala Dinas Damkarmat Medan Muhammad Yunus. 

Suasana edukasi yang dibuat seru dan menyenangkan membuat anak-anak antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Mereka terlihat begitu senang saat mencoba berbagai peralatan pemadam kebakaran dan berkeliling kota dengan mobil pemadam kebakaran.

Selain edukasi tentang kebakaran, Dinas Damkarmat juga memberikan sosialisasi mengenai penyelamatan non-kebakaran. Yunus menjelaskan bahwa pihaknya sering menerima permintaan bantuan untuk evakuasi hewan seperti ular, biawak, atau tawon. Bahkan, ada juga warga yang meminta bantuan untuk mencari kunci kendaraan yang hilang atau ponsel yang jatuh ke dalam parit.

Kegiatan edukasi ini merupakan salah satu upaya Dinas Damkarmat Medan untuk mensosialisasikan pentingnya pencegahan dan penanganan kebakaran kepada masyarakat, khususnya anak-anak. Selain kegiatan di sekolah atau taman kanak-kanak, Dinas Damkarmat juga membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk mengunjungi markas mereka setiap akhir pekan.

"Kami memiliki program Wisata dan Edukasi Pemadam Kebakaran yang bisa diikuti oleh masyarakat secara gratis. Kami berharap dengan adanya program ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga keselamatan dari bahaya kebakaran," ungkap Yunus.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK ABA 21, Cici Wahyuni mengungkapkan rasa bahagia dan terimakasihnya kepada Damkarmat Kota Medan yang sudah memberikan edukasi kepada anak-anak.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Damkarmat Kota Medan atas edukasinya. Anak-anak belajar mengenai profesi pemadam kebakaran, mereka juga antusias sekali." ujar Cici Wahyuni.

Cici menambahkan, jika anak-anak TK ABA 21 terlihat semangat saat memakai baju pemadam kebakaran dan memegang selang simulasi memadamkan api.

"Anak-anak terlihat senang dan antusias, tadi pakai baju petugas pemadam kebakaran, terus keliling dengan mobil, dan yang paling menyenangkan bermain air," tandas Cici Wahyuni.

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Dinas Damkarmat Medan Edukasi Anak Usia Dini tentang Bahaya Kebakaran "

Posting Komentar

Banyak Agenda Penting, Rupiah dan IHSG Dibuka Menguat

LensaMedan - Dalam sepekan kedepan akan ada banyak agenda ekonomi yang sangat mempengaruhi kinerja pasar keuangan.  Di awal pekan ini (Selas...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel