Ekonomi AS Memburuk, IHSG dan Rupiah Dibuka Menguat


LensaMedan - Data klaim pangangguran AS (initial jobless claims) di Amerika Serikat (AS) memburuk.

Data ini menunjukan permohonan individu untuk mendapatkan manfaat asuransi pengangguran pertama kali sebanyak 230 ribu jiwa atau lebih tinggi dibandingkan dengan ekspektasi sebesar 227 ribu jiwa. 

Sementara, inflasi produsen di AS mengalami kenaikan secara bulanan menjadi 0,2% di bulan Agustus dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang berada di angka 0%.

Analis Keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, sejauh ini pasar saham di Asia mayoritas menguat dengan kecenderungan bergerak sideways atau mendatar. 

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan pagi ini masih mampu dibuka menguat dikisaran level 7.808. IHSG diproyeksikan berpeluang bergerak dalam rentang 7.770 hngga 7.830

Sementara kinerja mata uang Rupiah juga masih mampu menguat ke level 15.395 per Dolar AS dan berpeluang bergerak dalam rentang 15.450 hingga 15.530 per dolarnya

“Penguatan Rupiah pada perdagangan hari ini tidak terlepas dari memburuknya imbal hasil US treasury serta tekanan yang lain ditengah minimnya sentimen pasar,” kata Gunawan di Medan, Jumat (13/9/2024). 

Gunawan menyebutkan, kinerja pasar keuangan secara keseluruhan berpeluang untuk bergerak di zona hijau. 

Rilis data inflasi di AS sebelumnya memberikan dampak yang beragam, sekalipun pemangkasan bunga acuan diproyeksikan tetap dilakukan di bulan ini, namun tahapan pemangkasan bunga acuan akan dilakukan maksimal sebesar 50 basis poin. 

Dari sekian banyak data yang muncul belakangan ini, The FED diproyeksikan akan bersikap dovish ditengah kinerja ekonomi AS yang melambat. 

“Dan sejauh ini mata uang Rupiah dan harga emas diuntungkan dengan realisadi data di AS itu,” pungkasnya (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Ekonomi AS Memburuk, IHSG dan Rupiah Dibuka Menguat "

Posting Komentar

Tak Mampu Bangkit, IHSG Tertahan di Zona Merah

LensaMedan - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di sepanjang sesi perdagangan hari ini konsisten ditransaksikan di zona merah. IHSG  pun akh...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel