Eksibisi Lari Trail PON XXI, Sumut Raih 2 Emas dan 1 Perak


LensaMedan - Kontingen Sumatera Utara (Sumut) berhasil meraih 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu di ajang Ekshibisi Lari Trail di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang digelar di Taman resort Simalem Bukit Sipiso-piso, Kabupaten Karo.

Ketua ALTI Sumatera Utara, Hendry Wahyudi, sangat mengapresiasi keberhasilan kontingen Sumatera Utara meraih medali di ajang PON XXI Aceh-Sumut.

"Medali ini membuktikan atlet Sumut mampu bersaing dengan atlet-atlet dari provinsi lain," ujarnya, Senin (16/9/2024).

Ia berharap dengan keberhasilan kontingen lari trail Sumut meraih medali, menjadikan cabang olahraga lari trail mendapat perhatian dari berbagai pihak.

Dikatakan Hendry Wahyudi, untuk ekshibisi lari trail kali ini ALTI Sumut benar-benar mandiri mulai dari persiapan hingga pelaksanaan lomba.

"Seluruhnya kita tanggulangi secara mandiri. karena sifatnya masih ekshibisi jadi semuanya harus mandiri," tegasnya.  

Hendry Wahyudi menerangkan bahwa Sumut sendiri memiliki potensi besar melahirkan atlet-atlet lari trail di masa mendatang.

"Kondisi geografis kita banyak daerah pengunungan itu sangat baik untuk melahirkan bibit bit atlet lari trail," terangnya.

Dua medali emas yang di peroleh kontingen Sumut masing masing disumbangkan oleh Cilpia Manalu pada kategori klasik Senior Putri dan Jupiter Andika Pratama Laila pada kategori Klasik Junior Putra.

Sedangkan untuk perak disumbangkan oleh Ongki Saleh pada kategori Klasik Senior Putra, dan perunggu disumbangkan oleh Pesta Rameria Simanjuntak pada kategori Vertikal Putri.

Salah seorang atlet lari trail peraih perunggu 9K vertikal, Pesta Rameria Simanjuntak, mengaku rute lari vertikal sangat menantang.

"Mulai dari start hingga finish rute larinya sangat baik dan sangat menantang," katanya.

Dalam ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024, kontigen Jakarta berhasil meraih medali terbanyak dengan meraih 4 medali emas, 3 perak dan 2 perunggu yang menjadikan DKI sebagai juara umum .

Di posisi kedua ada kontingen Sulawesi Selatan dengan perolehan 3 emas, 2 perak dan 4 perunggu.

Pada eksibisi lari trail di ajang PON Aceh-Sumut 2024, diikuti 155 atlet dan 67 official dari 21 provinsi.

Sebanyak 5 nomor pertandingan digelar yakni Vertikal 9K, Klasik Junior 12K, Klasik Senior 12K, Jarak Pendek 43K, Jarak Panjang 82K.

Wahyudi sendiri berharap lari trail dapat menjadi cabang olahraga resmi pada ajang PON mendatang. (*)


(Karo)

Belum ada Komentar untuk "Eksibisi Lari Trail PON XXI, Sumut Raih 2 Emas dan 1 Perak "

Posting Komentar

Clapham Conference 2024: Empowering Future Leaders in Business and Marketing

LensaMedan - Clapham Conference 2024 siap kembali dengan upaya menginspirasi dan memberdayakan generasi pemimpin masa depan Mengusung tema &...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel