IHSG Ditutup Menguat


LensaMedan - Setelah rilis data inflasi AS, mata uang Dolar AS menguat terhadap mayoritas mata uang yang ada di Asia selama sesi perdagangan di pasar Asia berlangsung. Hal ini terjadi disaat laju tekanan inflasi AS pada umumnya mereda.

The FED atau Bank Sentral AS akan lebih menggunakan inflasi inti sebagai sebagai acuan dalam memutuskan besaran bunga acuannya ketimbang menggunakan inflasi biasa (IHK).

Dan kinerja pasar keuangan pada hari ini telah menunjukan bahwa pasar cenderung mempertimbangkan laju inflasi inti yang cenderung naik.

Hal ini menurut Analis Keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mendorong terjadinya penguatan pada mata uang US Dolar.

Karena dinilai akan mengurangi agresifitas The FED atau Bank Sentral AS dalam memutuskan pemangkasan bunga acuan nantinya.

Pada penutupan perdagangan sore ini, mata uang Rupiah kembali melemah terhadap Dolar AS di level 15.425.

"Rupiah melemah mengikuti kinerja mayoritas mata uang di Asia lainnya," ujar Gunawan di Medan, Kamis (12/9/2024).

Berbeda dengan Rupiah, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) disebutkan Gunawan justru mampu ditutup menguat 0.48% di level 7.798,15.

Penguatan mayoritas bursa saham di Asia menjadi katalis positif bagi penguatan bursa saham di tanah air.

Pasar keuangan masih menanggapi dingin rilis data inflasi AS yang berkembang belakangan ini.

"Dan sekalipun inflasi di AS dianggap melandai, nyatanya tidak menjadi kabar baik bagi mata uang yang menjadi lawan Dolar AS termasuk Rupiah," katanya.

Hal yang sama juga ditunjukan pada harga emas yang cenderung bergerak mendatar setelah rilis data inflasi AS.

Harga emas walaupun naik, masih terpantau stabil dikisaran US$2.518 per ons troy, atau sekitar Rp1,25 juta per gram nya. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "IHSG Ditutup Menguat"

Posting Komentar

Tri Beri Layanan Khusus bagi Pecinta E-Sport di PON XXI Aceh-Sumut

LensaMedan – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui brand Tri, melanjutkan komitmennya mendukung  E-sport tanah air dengan tu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel